Berita

Seputar Kanwil DJPb

Makin Bangga Jadi Bendahara Bersertifikat

    Selasa, 20 Agustus 2019 merupakan hari yang menguntungkan bagi seluruh bendahara Satuan Kerja KPPN Meulaboh. Hal ini dikarenakan semua bendahara berkesempatan mendapatkan ilmu dan arahan langsung dari Direktorat Sistem Perbendaharaan DJPb. Hadir Bapak Triyanto selaku Kepala Seksi SPKPP II Direktorat Sistem Perbendaharaan sebagai narasumber. Beliau mengupas tuntas semua hal terkait Sertifikasi Bendahara dan Jabatan Fungsional Bendahara.

    Sinergi antara panitia, pemateri dan peserta membuat acara pada hari itu berjalan lancar dan sukses. Acara dibuka oleh sambutan Kepala KPPN Meulaboh, Bapak Iman Haidir. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa sertifikasi bendahara ini merupakan upaya Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga satuan kerja dalam meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme para bendahara dalam mengawal APBN.

Selesai sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Triyanto. Beliau mengatakan “Kita semua akan berbangga menjadi bendahara, karena sebentar lagi bendahara akan diangkat menjadi pejabat fungsional.” Pesan dari Bapak Triyanto tersebut sontak membuat para bendahara antusias. Ditegaskan juga bahwa regulasi jabatan fungsional bendahara saat ini sudah pada tahap penetapan final merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Sertifikasi Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Disela-sela penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab dan diskusi. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sehingga memunculkan diskusi-diskusi yang sangat bermanfaat dan berkesan.

Narasumber memberikan materi

 Narasumber memberikan materi 

    Setelah sesi tanya jawab dan diskusi dirasa cukup, acara ditutup dan dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian sertifikasi bendahara yang diikuti oleh 23 orang peserta. Para peserta ini merupakan akumulasi dari peserta yang sudah terdaftar pada ujian periode III dan peserta tambahan yang langsung mendaftarkan diri sesaat setelah mendapat pencerahan dari Direktorat Sistem Perbendaharaan. Para peserta ujian kali ini berasal dari satuan kerja Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, dan Kabupaten Aceh Jaya.

    Sebelum ujian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan kegiatan refreshment berupa pemaparan beberapa materi diklat bendahara kepada para peserta dengan narasumber Hasbi Jusuma Leo selaku Treasury Management Representative (TMR) KPPN Meulaboh. Selanjutnya dimulailah ujian sertifikasi bendahara yang dilaksanakan secara online melalui mekanisme ujian Computer Based-Test (CBT) selama 1 (satu) jam.

    Para peserta yang dinyatakan lulus nantinya akan diberikan sertifikat bendahara dengan nomor register yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan. Bagi para peserta yang belum lulus diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang sebanyak 2 (dua) kali. Sebagai informasi, bendahara satuan kerja lingkup KPPN Meulaboh sudah mempunyai sertifikat bendahara BNT sebanyak 113 orang bendahara pengeluaran dan penerimaan. Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengharapkan tahun ini semua bendahara satker sudah bersertifikat agar pengelolaan APBN menjadi lebih baik, profesional, serta sejahtera. Ayo daftar sertifikasi bendahara!

 

Penulis: Trisna Mandala Putra

Editor: Aura Rahmadika

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search