Berita

Seputar Kanwil DJPb

SAKATO KPPN PADANG RAIH TOP 5 KOMPETISI INOVASI KEMENKEU 2020

 

KPPN Padang kembali menorehkan prestasi. Rabu, 03 Februari 2021 lalu, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Padang, Ibu Tisari Yona Geumila, menerima penyerahan piagam secara simbolis dari Wakil Menteri Keuangan, Bapak Suahasil Nazara, atas pencapaian Aplikasi SAKATO (Sistem Antrian, Kabar dan Tolakan) milik KPPN Padang yang memperoleh predikat TOP 5 Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan Tahun 2020. Acara penyerahan penghargaan tersebut diselenggaran secara daring melalui zoom meeting pada acara Rapat Koordinasi Bidang Organisasi dan Ketatalaksanaan Tahun 2021. Aplikasi SAKATO merupakan inovasi dari KPPN Padang yang sudah mulai dijalankan di tahun 2019. Saat itu SAKATO  merupakan inovasi yang dicetuskan saat KPPN Padang mengikuti penilaian Wilayah Birokrsi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2019. Setelah sebelumnya pada tahun 2017 KPPN Padang juga sudah berhasil mengantongi predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Aplikasi SAKATO merupakan aplikasi yang dibuat oleh KPPN Padang dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada stakeholders KPPN yaitu Satuan Kerja di wilayah kerja KPPN Padang yang meliputi Pemprov Sumatera Barat, Padang, Pariaman, Padangpariaman, dan Kepulauan Mentawai.  Dengan menggunakan aplikasi SAKATO satuan kerja (satker) dapat memperoleh informasi secara realtime jika Surat Perintah Membayar (SPM) yang diajukan oleh satker ke KPPN mengalami penolakan, sehingga satker dapat lebih cepat melakukan perbaikan SPM sehingga mendukung akselerasi belanja negara. Melihat cakupan wilayah kerja KPPN Padang yang luas, adanya layanan SAKATO ini sangat memudahkan satker, sehingga tidak perlu datang langsung ke KPPN Padang untuk mendapatkan informasi penolakan atas SPMnya, terlebih satker di wilayah kepulauan mentawai yang membutuhkan waktu yang lama dan jarak tempuh yang jauh untuk datang ke KPPN Padang sangat merasakan manfaat dari aplikasi SAKATO ini.

 Sejak diluncurkan tahun 2019, aplikasi SAKATO terus dikembangkan dan disempurnakan. Hingga pada tahun 2020 kemarin SAKATO diikutsertakan dalam lomba Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan tahun 2020 dan berhasil memperoleh predikat TOP 5, lebih tepatnya peringkat 4. KPPN Padang merupakan satu-satunya pemenang TOP 5 lomba Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan tahun 2020 yang berasal dari kantor vertikal di daerah, selebihnya merupakan perwakilan Eselon-I di kantor pusat. Hal ini tentunya juga menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Adapun pemenang TOP 5 Kompetensi Inovasi Kementerian Keuangan yaitu:

  1. Dit. Evaluasi dan Sistem Informasi, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (Penerapan AIFA bagi Pemda)
  2. Pusintek, Sekretariat Jenderal (Nadine dan Digital Signature pada Aplikasi mobile)
  3. Dit. Sistem Penganggaran, Direktorat Jenderal Anggaran (Aplikasi OneDJA)
  4. KPPN Padang, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (Aplikasi SAKATO)
  5. Biro KLI, Sekretariat Jenderal (Aplikasi e-PPID Kemenkeu)

Saat ini KPPN Padang kembali menyiapkan diri untuk mengikuti Kompetisi Pelayanan Publik Kemen-PAN-RB. Dalam kompetisi tersebut Aplikasi SAKATO akan bersaing dengan inovasi-inovasi milik Kementerian/Lembaga lainnya untuk masuk 45 inovasi pelayanan publik di Indonesia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search