Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat Berkomitmen Membangun Zona Integritas Menuju Penilaian WBK Tahun 2021

Kamis (18/2/2021), Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat, menyelenggarakan Workshop Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 dalam rangka Penilaian WBK Tahun 2021 terhadap Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat. Acara dihadiri oleh jajaran dari Kementerian Keuangan yakni Kepala Bagian Tata Kelola Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan, Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, dan Kepala Bagian Kepatuhan Internal Sekretariat Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan serta turut mengundang Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera sebagai Satuan Kerja Peninjau. Acara ini juga diikuti oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, dan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur sebagai kantor yang juga mengikuti penilaian WBK tahun 2021.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat, Bapak Heru Pudyo Nugroho, dalam arahannya menyampaikan beberapa hal penting dalam penilaian WBK tahun 2021. Bapak Heru menyatakan bahwa ia beserta jajarannya siap mengikuti penilaian WBK tahun 2021. Dalam arahannya, Bapak Heru menyampaikan bahwa sesuai Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-40 tahun 2021, terdapat 103 unit Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan yang ditugaskan untuk mengikuti penilaian WBK/WBBM tahun 2021, salah satunya adalah Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat. Beliau juga menyatakan bahwa keikutsertaan Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat dan unit DJPb Kementerian Keuangan lainnya sudah ditetapkan dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 sebagai bentuk komitmen pimpinan sampai unit vertikal DJPb menjadi hal mutlak bagi DJPb Kementerian Keuangan untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah yang semakin bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa penilaian WBK tahun 2021 ini menjadi tantangan terutama di era adaptasi kebiasaan baru dan pandemi COVID-19 di mana regulasi pelaksanaan APBN bersifat dinamis sekaligus bertugas mendukung pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Negara (PEN) dengan berbagai macam dinamika peraturan. Hal tersebut tentu sangat berimbas terhadap kepuasan stakeholders terhadap layanan apabila Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat tidak dapat mengelola berbagai tantangan, perubahan, dan dinamika saat ini. Dalam arahannya, beliau juga menyampaikan bahwa beliau sudah memprediksi bahwa hal ini akan berdampak pada komponen hasil sehingga Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat berusaha membangun komunikasi dan intimasi dengan stakeholders di tengah kondisi pandemi.

Menurut data Lembaga Transparency International (TI), tahun 2020 indeks persepsi skor indeks korupsi Indonesia turun dari peringkat 40 menjadi 37 yang artinya makin kecil peringkat menunjukkan makin besar tingkat atau persepsi korupsinya. Menurut Bapak Heru, hal ini menjadi tantangan bagi Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat sebagai bagian dari Kementerian Keuangan dalam upaya penegakan integritas untuk menjadi bagian dari birokrasi yang semakin bebas korupsi dan bersih melayani. “Tahun ini Kanwil ditugasi setelah melalui proses akselerasi tahun lalu ada ambang batas threshold yang telah terlewati sehingga kami ditugasi untuk melakukan pembangunan zona integritas menuju WBK yang akan dinilai oleh Kemenpan-RB”, papar Bapak Heru.

Melalui kegiatan ini diharapkan Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat mendapat pencerahan dari narasumber berupa bagaimana persiapan dan apa saja isu-isu terkini supaya Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat dapat berjalan on the right track dalam penilaian WBK tahun 2021. Beliau menyampaikan bahwa tahun 2020 dan 2021 ini terasa lebih berat dalam segi tantangan karena layanan yang serba online akibat pandemi. Layanan utama dilangsungkan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh kantor pusat karena nature layanan serupa antara Kanwil DJPb seluruh Indonesia. “Ini menjadi tantangan bagaimana di era COVID ini, kemudian apa yang harus kami persiapkan supaya room inovasinya masih memungkinkan bagi kami baik bersifat aplikatif maupun non aplikatif”, jelasnya.

Sebagai penutup, Bapak Heru berharap agar mendapatkan pendampingan dan kiat-kiat sukses dari narasumber sehingga seluruh unit Kementerian Keuangan dapat meraih predikat WBK/WBBM sesuai harapan Menteri Keuangan sebagai komitmen atas pelayanan Kementerian Keuangan yang profesional dan berintegritas.

 

Repost from : https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/sumbar/id/data-publikasi/berita-terbaru/2869-kanwil-djpb-provinsi-sumatera-barat-berkomitmen-membangun-zona-integritas-menuju-penilaian-wbk-tahun-2021.html

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search