Berita

Seputar Kanwil DJPb

Peluncuran Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menegaskan komitmen dukungan terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui berbagai fasilitas pembiayaan yang ringan supaya dunia usaha di Indonesia dapat kembali produktif dan meningkatkan perekonomian saat ini. Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam peluncuran penjaminan kredit modal kerja UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Selasa(07/06).

“Seluruh aspek untuk dunia usaha terutama bagi UMKM saat ini didukung dan diberikan bantuan dari pemerintah bahkan juga dilindungi, kita berharap anggaran ini bisa berputar dan dinikmati UMKM sehingga dapat segera produktif,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan untuk hari ini salah satu langkah cepat yang dilakukan pemerintah yaitu penjaminan kredit modal kerja. Pemerintah memberikan alokasi 5T, sehingga UMKM yang meminjam hingga 10M premi untuk penjaminan kredit macetnya akan dibayar pemerintah melalui penjamin oleh Jamkrindo dan Askrindo. Dengan hal tersebut Sri Mulyani berharap UMKM bisa bangkit kembali selain dengan diberikan restrukturisasi untuk pinjamannya dengan tidak membayar 6 bulan dari sisi pokoknya, bunganya di subsidi pemerintah, dan diberikan kredit modal kerja baru yang dijamin oleh BUMN Jamkrindo dan Askrindo.

Pada skala yang lebih besar, selain pada program-program yang menyasar UMKM tersebut, Pemerintah juga melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 65/PMK.05/2020 memperluas jangkauan program ini kepada seluruh pelaku UMKM yang memiliki kredit/pembiayaan di sektor produktif dan memiliki plafon pembiayaan sampai dengan Rp. 10 miliar per tanggal 29 Februari 2020. Program ini ditujukan pada UMKM yang belum memperoleh fasilitas Pembiayaan KUR dan menargetkan 66 juta debitur dengan total dana yang dianggarkan sebesar Rp. 35,28 triliun.

Pada acara yang diselenggarakan secara online tersebut turut hadir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Tohir, Komisioner OJK Wimboh Santoso, Direktur bank-bank nasional dan swasta, serta perwakilan dari UMKM.

Ditjen Perbendaharaan telah dan terus mendukung sepenuhnya program-program stimulus kepada UMKM dalam rangka program PEN ini melalui regulasi, manajemen data dan penyediaan dana. Dukungan diberikan baik itu terhadap kredit usaha yang telah berjalan seperti KUR, pembiayaan UMi, maupun program yang merupakan respon pemerintah terhadap pandemi seperti pemberian insentif bunga dan saat ini penjaminan kredit UMKM. [dk]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search