Berita

Seputar Kanwil DJPb

Gaji Ketigabelas ASN/TNI/Polri dan Pensiun Cair Mulai Hari ini, Dorong Daya Beli sebagai Bagian Stimulus Ekonomi.

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, Kebijakan pemerintah untuk Gaji dan Pensiun ketigabelas sudah ada di dalam Undang-undang APBN 2020 dan telah diperhitungkan dalam alokasi dasar formula Dana Alokasi Umum (DAU) yang pelaksanaannya mempertimbangkan situasi yang ada. Hal tersebut disampaikan menteri Keuangan dalam kegiatan Media Briefing dengan topik Update Perkembangan Realisasi PEN dan Pembayaran Gaji ke-13, Senin (10/8).

Gaji dan Pensiun ketigabelas biasanya diberikan di bulan Juli, yaitu pada saat ASN/TNI/Polri membutuhkan biaya pendidikan bagi anak-anaknya pada tahun ajaran baru. Namun pada masa pandemi, Sri Mulyani mengatakan bahwa kebijakan pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan ketigabelas diharapkan secara komprehensif dapat pula mendukung upaya pemerintah untuk dapat mendorong daya beli di masyarakat dan memberikan stimulus pada perekonomian.

“Di dalam pokok-pokok kebijakan, Gaji dan Pensiun ketigabelas diberikan kepada ASN/TNI/Polri, pegawai non-PNS yang bekerja di instansi pemerintah, dan hakim pada lembaga peradilan" sebut Menkeu. "Termasuk juga diberikan kepada pensiun dan tunjangan yang bersifat pensiun." tambah Sri Mulyani.

Menteri Keuangan yang didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan dan para Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa bahwa saat ini progres kemajuan dari pelaksanaan pembayaran Gaji dan Pensiun ketigabelas di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) hingga Senin, 10 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB sudah mencapai 82,5% satuan kerja yang telah mengajukan SPM dan hampir semua telah selesai diproses di KPPN. Sedangkan untuk pensiun ke-13 juga sudah ditransfer ke PT Taspen untuk didistribusikan ke bank penyalur untuk selanjutnya dibayarkan ke para pensiunan. Sementara untuk pembayaran Gaji ke-13 PNS Daerah oleh Pemda, Kanwil Ditjen Perbendaharaan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemda untuk pelaksanaannya.

Komponen yang dibayarkan paling banyak meliputi Gaji Pokok, Tunjangan Keluarga dan Tunjangan Jabatan, tidak termasuk tunjangan kinerja dan yang sejenisnya. Gaji dan Pensiun ketigabelas mulai dibayarkan pada tanggal 10 Agustus 2020. Perkiraan kebutuhan anggaran untuk pembayaran Gaji dan Pensiun ketigabelas sebesar Rp 28,82 triliun yang terdiri dari APBN sebesar Rp 14,83 triliun dimana untuk pegawai aktif sebesar Rp 6,94 triliun dan pensiunan sebesar Rp. 7,88 triliun. Sedangkan dari APBD sebesar Rp 13,99 triliun.” Ujarnya.

Tak ketinggalan, Menteri Keuangan menegaskan bahwa para pejabat negara, dalam hal ini setara menteri, anggota DPR, dan pejabat-pejabat tinggi negara (Presiden dan seluruh Kabinet)  tidak mendapatkan Gaji ketigabelas tahun 2020.

Pokok-pokok kebijakan pemberian Gaji dan Pensiun ketigabelas 2020 diatur dalam Peraturan pemerintah nomor 44 tahun 2020 yang sudah dikeluarkan pada tanggal 7 Agustus 2020 dan Peraturan menteri Keuangan nomor 106/PMK.05.2020 sebagai petunjuk pelaksanaannya. Sedangkan untuk pelaksanaan di daerah menggunakan Peraturan Kepala Daerah. [itw]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search