Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Palopo pada awal pembentukannya masih merupakan Kantor Pembantu Bendahara Negara Palopo, berdiri pada tanggal 29 September 1966 beralamat di Jalan Samiun Nomor 4. Seiring dengan perkembangannya, Kantor Pembantu Bendahara Negara  Palopo berubah menjadi Kantor Bendahara Negara (KBN) Palopo yang mempunyai fungsi melaksanakan tugas perbendaharaan dan kas negara di wilayah kerjanya.

Kemudian di era tahu 1980-an tejadi pemisahan fungsi dari Kantor Bendahara Negara sehingga mengharuskan dipecahnya Kantor Bendahara Negara (KBN)  menjadi dua kantor yakni Kantor Kas Negara (KKN) Palopo yang menjalankan fungsi pengelolaan Kas Negara dan Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Palopo yang menjalankan fungsi perbendaharaan negara. Letak kantornya pun mulai dirasa kurang memadai sehingga dibangun kantor baru di Jalan Opu Tosapaile No.107 Palopo, dan kantor ini sampai sekarang  masih digunakan.

Seiring dengan berjalannya waktu peubahan dilingkungan Kementrian Keuangan terus berjalan, begitu juga Dirjen Perbendaharaan yang mengalami berbagai perbaikan dan perubahan secara Internal. Sistem dua kantor yang sebelumnya di”anut” dirasa mulai kurang  sesuai seiring dengan berjalannya waktu, maka Sistem pembayaran tunai diganti dengan Sistem Giralisasi, hal ini terjadi pada tahun 1990. Sehingga KPN dan KKN yang sebelumnya dipisah, disatukan menjadi nama Kantor Perbendaharaan Dan Kas Negara (KPKN).  Hingga akhirnya pada tanggal 23 Juni 2004 dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 303/KMK.01/2004 tentang perubahan nama KPKN menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), maka resmilah menjadi KPPN Palopo.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search