Berita

Seputar KPPN Pati

RAKOR PENYALURAN DANA DESA PADA DISPERMADES KABUPATEN PATI

Menindaklanjuti hasil rakor DAK Fisik dan Dana Desa yang dilaksanakan pada KPPN Pati, Dispermades Kabupaten Pati melaksanakan Rapat Koordinasi percepatan penyaluran Dana Desa di Aula Dispermades Kabupaten Pati.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Seksi Pendamping Desa dari Kecamatan yang Desanya belum disalurkan Dana Desanya, KPP Pratama Pati, KPPN Pati dan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa beserta Kepala Seksi dan staf Dispermades Kab. Pati.

Dalam kegiatan ini Kepala KPP Pratama Pati menyampaikan bahwa penggunaan Dana Desa perlu dipungut Pajaknya dan selanjutnya disetorkan ke Kas Negara. Pemungutan Pajak ini merupakan bagian dari pengelolaan keuangan yang baik.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa di KPP Pratama Pati juga telah ditunjuk beberapa AR ( Account Representatif) pada masing-masing Desa yang bisa menjadi tempat bertanya tentang masalah perpajakan.

Sedangkan dari KPPN Pati menyampaikan bahwa Dana Desa adalah salah satu program pemerintah untuk membantu mendorong percepatan pembangunan di desa. Dana Desa harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar tujuan mulianya dapat dirasakan masyarakat khususnya dalam membantu pergerakan ekonomi di Desa. Di samping itu pada masa Pandemi ini, Dana Desa juga diperuntukkan dalam menanggulangi Covid 19 dan juga BLT Desa.

Diharapkan pada bulan Desember 2021 seluruh Dana Desa sudah dapat disalurkan ke Rekening Kas Desa. Ini semua membutuhkan sinergi seluruh pihak khusus kesiapan dari Pemerintah Desa untuk segera memenuhi syarat salur yang ditentukan.

Dari hasil Rakor tersebut, semua pihak sepakat akan berusaha agar target di bulan Nopember 2021, Dana Desa pada Kabupaten Pati sudah dapat disalurkan ke Rekening Desa baik BLT Desa maupun Non BLT Tahap III.

Sinergi sebagai bukti nyata KPPN Pati dalam mengimplementasikan semangat WBK.

KPPN Pati….WBK  Bisa. (MO)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pati
Jalan P. Diponegoro No. 102 Pati 59111
Tel: (0295)-381171 Fax: (0295)-381484

IKUTI KAMI

 

 

Search