KPPN Pati
Jalan P. Diponegoro No.102 Pati 59111

Berita

Seputar KPPN Pati

Sosialisasi Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening

Pada tanggal 23 Nopember 2021 secara Hybrid, KPPN Pati mengadakan sosialisasi peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening. Sosialisasi ini mengundang seluruh satuan kerja lingkup KPPN Pati.

Dalam sambutannya Kepala KPPN Pati menyampaikan bahwa meskipun LKPP 2020 BPK telah memberikan opini WTP, namun demikian  masih terdapat beberapa catatan sebagai temuan BPK atas LKPP Tahun 2020, sehingga seluruh satker harus berkomitmen dalam mempertahankan opini BPK dengan bersama-sama menyelesaikan temuan-temuan tersebut.  Kita semua berupaya agar  LKPP Tahun 2021 tidak ada lagi temuan atau catatan atas laporan keuangan, dan berharap seluruh K/L bisa mendapatkan opini WTP.

Ucapan terima kasih kepada seluruh satker lingkup KPPN Pati yang telah tertib dalam pengelolaan rekeningnya sehingga hasil rekon nasional pada s.d Triwulan III Tahun 2021 tidak ada perbedaan data antara data rekening pada Kementerian Keuangan (Aplikasi SPRINT) dengan data rekening satker pada perbankan.

Dalam paparan pada sesi I oleh Ibu Sri Agustina, narasumber menyampaikan materi berupa Reviu Temuan BPK RI pada LKPP tahun 2020.  BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada LKPP Tahun 2020. Namun, masih terdapat temuan berulang pada beberapa Kementerian Negara/Lembaga terkait pengelolaan kas pada bendahara,  Saldo Kas Terlambat/Belum Disetor ke Kas Negara, Kas Tidak Didukung dengan Keberadaan Fisik Kas, Pengelolaan Kas Tunai dan Rekening Tidak Tertib pada 31 Kementerian/Lembaga.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan akar permasalahan temuan  yaitu ketidakpatuhan bendahara, belum optimalnya pengawasan di satker, belum optimalnya budaya cashless dan ketidakpatuhan terhadap pengelolaan rekening dan juga langkah-langkah untuk meminimalkan temuan BPK terkait kas dan rekening di atas.

Materi berikutnya adalah Pengelolaan Kas pada Kerja. Dalam pengelolaan kas ini diharapkan Bendahara dapat memahami ruang lingkup Tugas dan tanggung jawab bendahara, sehingga pengelolaan Kas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Selanjutnya dengan adanya modernisasi transaksi perbankan, diharapkan bendahara dapat mendukung cashless dalam melakukan pembayaran. Karena semula pendebitan hanya melalui cek/bilyet giro, sekarang dapat dilakukan dengan  internet banking/CMS, Kartu Debet dan Kartu Kredit.

Materi ketiga oleh Bapak Hudi Sadmoko (Kepala Seksi Bank) menyampaikan paparan Pengelolaan rekening satker.  Temuan terkait rekening pada LHP LKPP Tahun 2020 adalah  Rekening dibuka tidak mendapat persetujuan KPPN, Penggunaan rekening pribadi untuk mengelola dana yangg bersumber dari APBN, Penggunaan rekening tidak sesuai peruntukannya.

Materi keempat terkait dengan penggunaan Aplikasi SPRINT. Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk menatausahakan rekening pemerintah baik rekening pengeluaran, penerimaan maupun rekening lainnya. Diharapkan satker secara tertib menggunakan aplikasi SPRINT untuk pengelolaan rekeningnya.

Pelaksanaan sosialisasi ini sebagai upaya untuk menjaga kualitas dari Laporan Keuangan Satker maupun Laporan Keuangan BUN dan meningkatkan nilai IKPA satker maupun BUN. (MO)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pati
Jalan P. Diponegoro No. 102 Pati 59111
Tel: (0295)-381171 Fax: (0295)-381484

IKUTI KAMI

 

 

Search