Berita

Seputar KPPN Pekalongan

Penyerahan Penghargaan oleh Kakanwil DJPb Jateng

Penyerahan Penghargaan oleh Kakanwil DJPb Jateng

KOTA PEKALONGAN DAN KAB BATANG

KEMBALI RAIH OPINI WTP

 

 

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Miden Sihombing atas nama Menteri Keuangan, Senin 18 Oktober 2021 menyerahkan piagam penghargaan atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan Tahun 2020 untuk Pemerintah Daerah Kota Pekalongan dan Pemerintah Daerah Kab Batang.

Prosesi penyerahan piagam penghargaan WTP kepada Pemerintah Kota Pekalongan diterima oleh Walikota Pekalongan H Achmad Alf Arslan Djunaid,S.E di Ruang Kresna yang didampingi Wakil Walikota Pekalongan H.Salahudin dan dihadiri Sekda, Kepala BKD,serta jajaran pimpinan  OPD penerinma DAK Fisik lingkup Kota Pekalongan.

 

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah Miden Sihombing usai penyerahan penghargaan menyampaikan laporan perkembangan DAK Fisik di Kota Pekalongan dan langkah-langkah percepatan realisasi serta persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2022. Dalam penyampaian paparan di hadapan Sekda Kota Pekalongan beserta jajaran pimpinan OPD Kota Pekalongan Kakanwil mengkritisi lamanya proses upload dokumen ke OMSPAN sejak SP2D BUD terbit yang diantaranya memerlukan waktu higga 100 hari. Berkenaan hal tersebut apabila ada kesulitaan dalam proses di SPAN dipersilahkan koordinasi dengan KPPN Pekalongan.Demikian juga KPPN Pekalongan diharapkan cepat merespons kendala yang ada atau melakukan pendampingan langsung kepada operator DAK Fisik Kota Pekalongan.

Usai penyerahan piagam penghargaan atas diraihnya WTP di Kota Pekalongan pada hari yang sama juga dilakukan acara yang sama di Pemkab Batang yang berlangsung di pendopo Kabupaten Batang yang di hadiri Bupati Batang Dr. H. Wihaji, S.Ag., M.Pd. dan Wakil Bupati Suyono, S.IP., M.Si yang juga dihadiri Sekda,Kepala BPKPAD seluruh jajaran pengelola keuangan lingkup Pemkab Batang. Sementara Kakanwil Miden Sihombing didampingi Kepala KPPN Pekalongan Pudji Ardi Susatyo Achmadi dan jajaran pejabat serta tim rombongan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Jawa Tengah.

 

Kakanwil dalam kesempatan pemaparan menyampaikan  laporan perkembangan DAK Fisik dan Dana Desa di Batang dan langkah-langkah percepatan realisasi serta persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2022 . Dalam kesempatan tersebut  Kakanwil menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Pemda Batang yakni Agar dilakukan percepatan penyusunan perhub pembagian dana desa dan Perdes APBDes, Pengajuan pencairan Dana Desa ke KPPN agar tidak  menunggu banyak desa siap salur, Melakukan perekaman data capaian output Dana Desa pada OMSPAN dengan data yang valid serta melakukan koordinasi secara intensif dengan KPPN atau Kanwil DJPb Jateng.

Pemerintah Kota Pekalongan dan Pemkab Batang dalam laporan keuangan 5 kali berturut turut yakni sejak 2016 hingga 2020 meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP).

Bupati Batang Wihaji menyampaikan apresiasi atas kinerja jajarannya sehingga meraih WTP demikian juga kepada Kementerian Keuangan melalui Kakanwil DJPb beserta jajarannya atas pemberian penghargaan tersebut semoga menjadi motivasi dalam pengelolaan keuangan yang semakin baik dan maju.

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search