Berita

Seputar KPPN Pelaihari

Tebarkan Virus Postif Zona Integritas, KPPN Pelaihari Knowledge Sharing ke KPKNL Banjarmasin

Sebagai unit kerja yang telah mengimplementasikan Zona Integritas dan mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, KPPN Pelaihari terus menerus menginternalisasikan nilai-nilai integritas kepada seluruh pegawai, baik yang berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di lingkup internal organisasi melalui berbagai kegiatan.

Selain itu KPPN Pelaihari juga telah berupaya untuk mengembangkan inovasi dan mengimplementasikannya dalam upaya peningkatan kualitas layanan kepada para stakeholder. Dengan berbagai inovasi yang dikembangkan serta komitmen seluruh pegawai, terbukti kualitas layanan KPPN Pelaihari semakin bagus dan meningkat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut dibuktikan dengan semakin meningkatnya survey kepuasan pengguna layanan. Prestasi demi prestasi juga dapat diraih oleh seluruh punggawa KPPN Pelaihari, bahkan pada tahun 2019 dinobatkan sebagai Juara Pertama lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Lingkup Kementerian Keuangan dalam kategori kantor layanan vertikal pada Ditjen Perbendaharaan.

Dengan gelar yang disandang tersebut, KPPN Pelaihari merasa berkewajiban dan mendapatkan amanah untuk menebarkan nilai-nilai mulia Zona Integritas kepada unit kerja lain. Dalam hal ini telah banyak instansi yang berkunjung untuk melakukan studi banding mengenai Zona Integritas ke KPPN Pelaihari, antara lain seluruh KPPN di wilayah Kalimantan Selatan (KPPN Barabai, KPPN Tanjung, KPPN Banjarmasin dan KPPN Kotabaru) serta KPPN Palu. Selain itu juga 7 (tujuh) SKPD lingkup Kabupaten Tanah Laut dengan dikoordinir oleh Inspektorat Daerah Tanah Laut melaksanakan studi banding tentang ZI ke KPPN Pelaihari pada tahun 2019 yang lalu.

Selain kunjungan langsung, KPPN Pelaihari juga sering menerima konsultasi tentang ZI dari berbagai instansi melalui berbagai media antara lain melalui telephone, email, media sosial dan lain-lain. Termasuk melaksanakan asistensi dengan unit kerja di lingkup Ditjen Perbendaharaan melalui media WhatsApp Group, yang beranggotakan KPPN-KPPN di berbagai wilayah di Indonesia.

Baru-baru ini, KPPN Pelaihari menerima kunjungan dari Kepala KPKNL Banjarmasin dan jajarannya dalam rangka studi banding Zona Integritas. Kunjungan tersebut ditindaklanjuti dengan permintaan kepada KPPN Pelaihari untuk memberikan pemaparan kepada seluruh pegawai KPKNL Banjarmasin, dengan harapan dapat memberikan gambaran yang lebih memadai sebagai persiapan untuk menghadapi penilaian WBK di tahun 2020 ini. Tentu saja permintaan Kepala KPKNL Banjarmasin tersebut disambut dengan antusias dan tangan terbuka oleh KPPN Pelaihari.

Penyampaian knowledge sharing pembangunan ZI menuju WBK oleh Tim ZI KPPN Pelaihari dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 12 Februari 2020 bertempat di aula KPKNL Banjarmasin dan dihadiri oleh seluruh pegawai dan PPNPN KPKNL Banjarmasin. Acara berlangsung pukul 10.30 s.d 13.00 WITA.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala KPKNL Banjarmasin, Sugeng Harijadi menyampaikan pembangunan ZI di lingkungan KPKNL Banajarmasin sudah dimulai sejak pencanangan pada akhir 2019 dan dilanjutkan prosesnya pada tahun 2020. Besar harapan beliau agar pembangunan ZI di lingkup KPKNL Banjarmasin dapat sukses hingga diraihnya predikat WBK di tahun 2020 begitu pula KPPN Pelaihari untuk meraih WBBM di tahun yang sama.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pembangunan ZI menuju WBK/WBBM sekaligus pengalaman pembangunan ZI pada KPPN Pelaihari oleh Kepala KPPN Pelaihari, Woro Triwening Renggani. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula tips-tips yang dapat membantu dalam rangka pembangunan ZI, mulai dari pengumpulan dokumen pengungkit, komunikasi dengan stakeholders, penataan sarana dan prasarana, pengembangan inovasi, persiapan menghadapi survey, sampai dengan menghadapi penilaian oleh Tim Penilai Nasional ZI dari Kemenpan-RB. Pemaparan ditutup dengan penyampaian informasi terkait dokumen pengungkit oleh Sdr. Joko Prastiyo.

Kegiatan berlangsung lancar dan para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti hampir semua peserta tidak beranjak meninggalkan ruangan sampai acara selesai serta banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan seputar pengalaman dalam hal penegakan Zona Integritas.

Di akhir acara, Kepala KPKNL Banjarmasin, Sugeng Harijadi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kepala KPPN Pelaihari yang telah bersedia melaksanakan knowledge sharing pembangunan ZI menuju WBK pada KPKNL Banjarmasin sehingga para pejabat/pegawai KPKNL Banjarmasin memperoleh wawasan baru terkait pembangunan ZI dan diharapkan memberikan dorongan besar dalam memperoleh predikat WBK di tahun 2020.

Acara tersebut sangat relevan dan sejalan dengan rencana KPPN Pelaihari untuk lebih masiv lagi dalam upaya menerapkan Zona Integritas menuju Reformasi Birokrasi serta membagikan pengalaman terkait penegakan Zona Integritas pada unit kerja lain dalam cakupan yang lebih luas.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search