Berita

Seputar Kanwil DJPb

PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 PADA KPPN KHUSUS PENERIMAAN

Jakarta, 18/03/2021 – Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia bahkan Indonesia tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, namun juga sektor ekonomi. Guna memutus pandemi ini, pemerintah melaksanakan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat,

dimana program vaksinasi terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama Januari-Maret 2021 diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia yang mencapai 40,2 juta orang.  Gelombang kedua April 2021-Maret 2022 akan diberikan kepada masyarakat rentan dan masyarakat lainnya  dengan target 181,5 juta orang.

Tepatnya pemerintah mulai melaksanakan program vaksinasi COVID-19 pada 13 Januari 2021 di Istana Negara. Orang pertama kali yang disuntik vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo. Vaksinasi merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, dalam hal ini COVID-19. Vaksinasi ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021 bertujuan: (1) Menurunkan kesakitan & kematian akibat Covid-19; (2) Mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat; (3) Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh; dan (4) Menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. Anggaran belanja program pengadaan vaksin sebesar Rp74 triliun rupiah telah direncanakan untuk program vaksinasi yang ditujukan kepada masyarakat yang memenuhi syarat vaksinasi.

Di lingkungan Kementerian Keuangan, pemberian vaksin diprioritaskan bagi pegawai yang bertugas pada pelayanan publik.  Bekerja sama dengan Satgas Gugus COVID-19 pelaksanaan program vaksinasi bagi para pegawai KPPN Khusus Penerimaan telah dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2021 untuk dosis pertama dan tanggal 16 Maret 2021 untuk dosis kedua. Vaksinasi dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, berlangsung dengan lancar, aman, dan tentunya tetap disiplin dalam menjaga protokol kesehatan.

 

Program vaksinasi ini diharapkan memberikan dampak pada pelayanan kepada masyarakat yang lebih sehat, lebih aman, dan masyarakat lebih terlindungi. Program ini juga diharapkan dapat memberikan harapan serta semangat baru agar terus menjaga kesehatan meskipun sedang bekerja dan kedepannya dapat segera bebas dari COVID-19. Dari sisi ekonomi, sesuai pernyataan Menteri Keuangan bahwa vaksinasi diharapkan mampu membawa harapan bagi pemulihan ekonomi nasional karena akan menimbulkan suasana percaya diri pada masyarakat dalam beraktivitas. Meskipun vaksinasi saat ini sudah mulai dilaksanakan, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama yang perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat termasuk tenaga kesehatan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search