Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Penatausahaan Penerimaan Negara dan Pedoman Penerimaan Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2021

Rabu (3 November 2021), KPPN Khusus Penerimaan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penatausahaan Penerimaan Negara dan Pedoman Penerimaan Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2021 dengan tema “Mengawal Pundi Negeri untuk Kebangkitkan Ekonomi”. Acara sosialisasi ini sebagai wujud sinergi KPPN Khusus Penerimaan dengan Bank/Pos Persepsi dan Lembaga Persepsi Lainnya serta untuk menyamakan pemahaman mengenai pedoman dan penatausahaan penerimaan negara pada akhir Tahun Anggaran 2021.

 Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan dihadiri oleh seluruh perwakilan Collecting Agent.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa dan dilanjutkan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Imam Subagyo. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Pengelolaan Kas Negara, Noor Faisal Achmad. Dalam sambutannya Direktur Pengelolaan Kas Negara berharap sinergi yang terjalin dari berbagai pihak dapat mewujudkan kinerja optimal untuk pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak dari pandemic COVID-19.

Bertindak sebagai moderator kegiatan sosialisasi ini adalah Teguh Subarkah, Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Analisa Statistik KPPN Khusus Penerimaan. Terdapat tiga materi yang disampaikan oleh para narasumber pada kegiatan ini. Materi pertama yaitu Kebijakan dan Pengembangan Modul Penerimaan Negara (MPN)  disampaikan oleh Umar Jati, Kepala Seksi Dukungan Teknis dan Pengendalian Mutu Aplikasi, Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan DJPb, Leidra Darman Pandapotam Siregar dan Nugroho Juli Purnama dari Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP) DJP. Materi kedua, Kebijakan Penerimaan Negara Akhir Tahun Anggaran 2021 oleh Dayu Rusanto, Kepala Subdirektorat Manajemen Penerimaan dan Pengeluaran Kas Direktorat Pengelolaan Kas Negara dan materi ketiga adalah Penatausahaan Penerimaan Negara yang disampaikan oleh Kunandar, Kepala Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Mohamad Muhlas, Kepala Seksi Rekonsiliasi KPPN Khusus Penerimaan.

Acara berlangsung interaktif kurang lebih tiga jam, dimana pada sesi tanya jawab peserta diberikan kesempatan untuk bertanya baik melalui kolom chat atau open mic. Semoga acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPPN Khusus Penerimaan kali ini dapat meningkatkan sinergi dengan stakeholder dan meningkatkan kinerja optimal khususnya dalam mengawal penerimaan negara pada akhir tahun anggaran 2021.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search