KPPN Pontianak Mulai Membayarkan Kenaikan Gaji PNS

Pada bulan Maret 2019 ini pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 yang pada intinya memberikan kenaikan gaji kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kenaikan gaji bagi aparatur pemerintah diberlakukan terhitung mulai Januari 2019. Berita kenaikan gaji PNS ini tentu saja disambut gembira oleh para PNS yang akan menikmatinya karena sudah beberapa tahun pemerintah tidak menaikkan gaji PNS.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak sebagai kepanjangan tangan dari Menteri Keuangan yang merupakan Bendahara Umum Negara, telah mulai menyalurkan pembayaran atas kenaikan gaji dimaksud. Para petugas di bagian keuangan dari satuan kerja di wilayah Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah mulai memadati ruang pelayanan KPPN Pontianak untuk mengajukan permintaan pembayaran atas kenaikan gaji dimaksud.

Walaupun kenaikan gaji ditetapkan berlaku terhitung mulai Januari 2019, namun para PNS secara riil baru akan mendapatkan penerimaan gaji sesuai dengan besaran gaji yang baru tersebut pada saat menerima gaji di bulan Mei 2019. Hal ini terjadi karena Peraturan Pemerintah tentang kenaikan gaji baru ditetapkan pada bulan Maret 2019 dimana gaji untuk bulan April sudah diajukan permintaan pembayarannya ke KPPN dan telah selesai diproses. Akan tetapi para PNS tidak perlu kauwatir karena kekurangan gaji bulan Januari sampai April dapat dibayarkan di bulan April ini juga setelah satuan kerja mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) gaji untuk bulan Mei 2019 ke KPPN. Dengan demikian, di bulan April ini para PNS terlebih dahulu akan menikmati pembayaran atas kekurangan gaji selama bulan Januari sampai April.

Yang perlu diketahui oleh para PNS adalah bahwa besaran kenaikan gaji tersebut adalah berkisar 5 % dari gaji pokok tiap-tiap pegawai. Sesuai dengan tabel daftar penyesuaian gaji pokok PNS yang menjadi lampiran dari Peraturan Pemerintah dimaksud, maka besarnya kenaikan gaji PNS berkisar antara Rp75.000,- sampai dengan Rp280.000,-.  PNS dengan pangkat terendah (I/a) dengan masa kerja 0 tahun mendapatkan kenaikan sebesar Rp74.300,-, sedangkan PNS dengan golongan tertinggi (IV/e) dengan masa kerja 32 tahun mendapatkan kenaikan sebesar Rp280.900,-.

Kenaikan gaji PNS untuk setiap orangnya memang dapat dikatakan tidaklah besar, akan tetapi apabila diakumulasikan dengan jumlah PNS se-Indonesia yang jumlahnya sekitar 4,5 juta, maka akan sangat terasa bebannya bagi APBN.  

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search