Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bupati dan Wakil Bupati Lebak melakukan kunjungan kerja mendadak dan koordinasi ke KPPN Rangkasbitung

Ibu Bupati Lebak (Iti) dan Wakil Bupati Lebak (Ade) Melakukan kunjungan kerja mendadak ke KPPN Rangkasbitung. Kunjungan yang sebelumnya tidak diagendakan itu, disamping untuk memberikan motivasi kepada seluruh pegawai KPPN, juga dalam rangka koordinasi terhadap penyaluran dana desa dan DAK Fisik Tahun Anggaran 2018  yang pencairannya dilakukan oleh KPPN Rangkasbitung. Pada kunjungan tersebut Ibu Bupati dan Wakil Bupati didampingi oleh Asda II, Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pendidikan dan Pejabat lainnya.

Pada Kesempatan tersebut, Toriq Bin Zihad selaku Kepala KPPN Rangkasbitung menyampaikan bahwa merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi KPPN Rangkasbitung dikunjungi oleh Ibu Bupati dan Wakil Bupati, momen ini baru pertama terjadi sejak KPPN Rangkasbitung dikunjungi oleh Bupati dan Wakil Bupati sejak KPPN Rangkasbitung berdiri tahun 2004. Kepala KPPN juga melaporkan bahwa penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik Kabupaten Lebak dari tahun 2017 sampai sekarang tepat waktu dan akuntabel, “ Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama yang baik selama ini sehingga proses penyaluran DD dan DAK Fisik 2018 tersalur tepat waktu, ini tak lepas dari koordinasi yang baik antara Bupati dan Pejabat BPKAD dan BPMD untuk Dana Desa dan semua pejabat SKPD penerima DAK Fisik.” Juga dilaporkan bahwa DAK Fisik TA 2019 mengalami kenaikan lebih dari 124% dari tahun sebelumnya yang hanya 96,9 Milyar menjadi 217,2 Milyar, terbesar diantara Kabupaten/Kota penerima DAK Fisik di Propinsi Banten.

 

 

Kepala KPPN juga melaporkan bahwa untuk dana desa TA 2018 dari pagu dana sebesar Rp.239,3Milyar,telah terealisasi sampai tahap III (100%) dan telah tersalurkan dari RKUD ke RKD sebanyak 340 Desa tepat waktu sesuai peraturan Menteri Keuangan RI yaitu paling lam 7 hari kerja sejak uang masuk ke RKUD. “Ini sangat luar biasa, mengingat banyak di Kabupaten yang penyalurannya ke RKD lebih dari 7 hari kerja, bahkan ada yang lebih dari 40 hari kerja belum tersalur” ujar Kepala KPPN.

 

Kemudian Ibu Bupati dalam arahannya mengatakan “ Walaupun KPPN Rangkasbitung adalah satker vertikal kementerian bukan Satker dibawah Pemda, namun karena berada di Kabupaten Lebak maka tetap saya anggap sebagai anak saya yang perlu dikunjungi .” Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi yang baik dalam pengelolaan dan penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik TA 2018, “Semoga di tahun anggran 2019 kerjasama dan koordinasi yang baik terus ditingkatkan mengingat tantangan tahun 2019 yang semakin tinggi seiring dengan meningkatnya Dana Desa yang dikelola dan DAK Fisik yang mengalami kenaikan yang signifikan lebih dari 124% dari tahun sebelumnya”. 

 

 

kontributor:Thoriq Ali Zihad

 

DOKUMENTASI KEGIATAN :

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search