Sosialisasi Evaluasi Kinerja Satker Tahun Anggaran dan Penelaahan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I TA 2017

Rangkasbitung, 18 Juli 2017 – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rangkasbitung melaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Penelaahan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I Tahun 2017, dalam kegiatan ini dihadiri oleh para Bendahara dan Operator Saiba Satuan Kerja (Satker) wilayah pembayaran KPPN Rangkasbitung. Jalannya acara diawali dengan menyanyikan lagu bagimu negeri dan diikuti dengan pembacaan doa.

Acara dibuka oleh Dewi Yanti selaku Kepala KPPN Rangkasbitung, dalam sambutannya Dewi Yanti menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan, yaitu agar Satker dalam menyusun Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I Tahun 2017 dapat dilaksanakan dengan baik, tepat waktu dan akuntable, sedangkan dalam kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran ini erat kaitannya dengan surat dari Menteri Keuangan nomor S-153/MK.05/2017 tanggal 27 Februari 2017 yang telah disampaikan kepada seluruh kementerian/Lembaga Negara tentang Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017 pada Kementerian/Lembaga Negara. Empat hal yang harus menjadi perhatian dalam surat Menteri Keuangan tersebut yaitu :
1. Satker pada Kementerian/Lembaga diminta untuk melakukan Reviu atas perencanaan kegiatan, penyerapan dan capaian kinerja
2. Memastikan ketepatan waktu penyelesaian tagihan
3. Meningkatkan ketertiban penyampaian data kontrak
4. Pengendalian pengelolaan Uang Persediaan (UP) / Tambahan Uang Persediaan (TUP).

Sesi yang pertama adalah pemaparan hasil Evaluasi dan Monitoring atas Pelaksanaan Anggaran Semester I tahun 2017 oleh Yanto Sugianto selaku Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker dengan moderator Dewi Yanti. Pemaparan dimulai dari melihat capaian penyerapan satker atas dana DIPA yang mereka kelola sampai dengan semester I tahun 2017, dimana dari dana DIPA seluruh satker wilayah pembayaran KPPN Rangkasbitung sebesar Rp. 1.206.680.622.000,- telah terserap sebesar 46.90%, melebihi target penyerapan semester I yang ditetapkan sebesar 40%. Namun demikian masih ada 4 (empat) satker yang penyerapannya masih dibawah 40% dikarenakan dana yang belum terserap sebagian besar dari belanja modal atas proyek-proyek yang belum terealisasi dan belanja bantuan sosial yang masih melakukan pendataan para penerimanya. Selanjutnya disampaikan juga evaluasi terkait jumlah SPM yang yang diajukan satker dan ditolak pada saat konversi oleh petugas FO PDMS, kepatuhan dan ketepatan waktu pendaftaran kontrak ke KPPN oleh satker, ketepatan waktu pertanggungjawaban Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP), ketepatan waktu penyampaian Gaji Induk, penyampaian RPD harian satker dan yang terakhir yaitu evaluasi retur yang terjadi selama semester I tahun 2017. Secara keseluruhan hasil evaluasi pelaksanaan anggaran sampai dengan semester I Tahun 2017 telah menunjukan capaian yang cukup menggembirakan dan hal tersebut menunjukan bahwa kinerja satker cukup meningkat dari tahun ke tahun. Namun demikian capaian yang sudah baik dihimbau untuk dipertahankan dan yang masih kurang agar terus diupayakan untuk dapat ditingkatkan.

Dalam kesempatan yang sama, sebagai bentuk apresiasi kepada satker, KPPN Rangkasbitung memberikan penghargaan kepada satker dan bendahara dengan kinerja terbaik, dengan kriteria penilaian meliputi penyerapan anggaran, revisi DIPA, pengembalian SPM, ketepatan waktu pendaftaran kontrak, retur SP2D, besaran pagu, dan jumlah jenis belanja yang dikelola. Dari hasil penilaian, penghargaan diberikan kepada 3 (tiga) satker terbaik yaitu :
1. MTsN Pasirsukarayat;
2. MAN Rangkasbitung; dan
3. Kantor Kementerian Agama Kab.Lebak (416610)
Penghargaan juga diberikan juga kepada 3 (tiga) bendahara terbaik yaitu :
1. Deni Kurniawan, bendahara MIN Wantisari
2. Dwi Era Optadiningrum, bendahara BPS Kab. Lebak
3. Machmud Khusaeri, bendahara Pengadilan Negeri Rangkasbitung
Seluruh penghargaan diserahkan langsung oleh Dewi Yanti selaku Kepala KPPN Rangkasbitung, dengan harapan penghargaan yang diberikan dapat menjadi kebanggaan bagi satker dan terus menerus melakukan perbaikan. Dengan diberikan penghargaan kepada satker diharapkan juga dapat memotivasi seluruh satker untuk melaksanakan pengelolaan anggaran menjadi lebih baik dan akuntabel.

Selanjutnya penyampaian materi sesi kedua yaitu mengenai Penelaahan Laporan Keuangan Kementerian Negara/ Lembaga Semester I Tahun 2017, dengan narasumber Teguh Wrihatno selaku Kepala Seksi Veraki dan Erik Romansyah sebagai moderator. Dalam paparannya narusumber menyampaikan ada point-point tertentu yang harus diperhatikan oleh Satker dalam penyusunan laporan keuangan, dengan format penelaahan Laporan Keuangan, Satker diberikan panduan meneliti laporan keuangan masing masing. Dari hasil informasi, evaluasi terkait data hasil penelaahan,dan pengisian permasalahan dalam mengisi kertas kerja telaah masing-masing satker, serta timbal balik dari para peserta, pemahaman Satker sebelum dan sesudah pelaksanaan sosialisasi mengalami peningkatan. Hasil pengumpulan kertas kerja LK masing-masing satker telah menggambarkan adanya peningkatan pemahaman terhadap Laporan Keuangan masing-masing Satker. Kedepannya pemahaman akan laporan keuangan akan ditingkatkan kembali dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil para operator yang membahas masalah laporan keuangan pada Klinik Akuntansi KPPN Rangkasbitung.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta.

Kontributor : Suwarto Nurudin

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search