Berita

Seputar KPPN Sampit

Penyerahan Penghargaan Opini WTP untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan dan Focus Group Discussion Percepatan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa

Rabu, 13 Oktober 2021. Berlokasi di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Katingan. Diselenggarakan Acara Penyerahahan Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian Kepada Kabupaten Katingan. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Katingan Sunardi N.T. Litang, serta Kepala BPKAD Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga, sedangkan dari Kementerian Keuangan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Hari Utomo, Kepala KPPN Sampit Abas Ashar, Kepala Bidang PPA 2 dan Kepala Bidang PAPK serta Tim DJPb.

            Acara dimulai dengan sambutan dari wakil bupati Kabupaten Katingan Sunardi N.T. Litang. Dalam sambutan tersebut disampaikan apresiasi dan terimakasih atas layanan yang selama ini diterima khususnya oleh pemerintah daerah Kabupaten Katingan, sehingga penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa dapat berjalan dengan lancar dan mampu mendukung keberlangsungan pembangunan daerah. Harapannya seluruh OPD di wilayah Kabupaten Katingan agar dapat menyelaraskan dengan arahan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan sehingga Akselerasi Penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa terlaksana dengan baik. Wakil Bupati Kabupaten Katingan juga menyampaikan syukur atas apresisasi Menteri Keuangan atas raihan Opini WTP dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Katingan tahun 2020. Diharapkan ke depan raihan Opini WTP ini dapat memicu semangat Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan dalam Menyusun LKPD yang semakin baik dan akan menindaklanjuti rekomendasi dari BPK. Wakil Bupati Kabupaten Katingan juga menghimbau agar seluruh OPD Kabupaten Katingan dapat memanfaatkan acara Focus Group Discussion untuk mendapat solusi terbaik Guna Akselerasi Penyalurah DAK Fisik dan Dana Desa.

Senada dengan yang disampaikan oleh wakil bupati Kabupaten Katingan. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Hari Utomo, menyampaikan bahwa pada tahun 2020 seluruh pemerintah daerah provinsi Kalimantan Tengah memperoleh opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah dibuat oleh masing-masing pemerintah daerah. Disampaikan juga bahwa Tahun 2020 adalah tahun yang sangat sulit bagi perekonomian negara dan dunia usaha, Covid-19 telah meruntuhkan target pertumbuhan ekonomi yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Pandemi Covid-19 menjadi isu sentral di tahun 2020 mengingat dampaknya yang luar biasa, yang tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, namun juga menimbulkan guncangan sosial dan ekonomi masyarakat serta mengancam stabilitas sistem keuangan. Kondisi ini telah mengubah wajah dan arah perekonomian Indonesia dan dunia dengan sangat cepat. Walaupun dalam kondisi extraordinary, Pemerintah tetap berkomitmen untuk menjalankan APBN secara pruden, transparan, dan akuntabel termasuk penggunaan anggaran dalam rangka pelaksanaan kebijakan keuangan negara dan langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Apresiasi diberikan kepada Kabupaten Katingan karena telah mampu melalui tahun 2020 dengan baik, dengan dibuktikan atas prestasi Kabupaten Katingan yang bisa meraih Opini WTP. Diharapkan ke depan kerjasama serta sinergi yang telah terjalin baik antara Kementerian Keuangan dan Pemerintah Daerah ini dapat semakin meningkat sehingga dapat mewujudkan Pengelolaan APBN yang Optimal. Selanjut Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan piagam penghargaan atas Opini WTP serta Laporan Statistik Keuangan Pemerintah tahun 2020 Audited kepada Wakil Bupati Kabupaten Katingan. Dirangkai dengan Pemberian Cendera Mata dari Pemerintah Kabupaten Katingan untuk Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah dan Kepala KPPN Sampit.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search