Berita

Seputar Kanwil DJPb

Tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019

(Sanggau) - Tanggal 14 Januari merupakan tanggal yang spesial bagi seluruh unit Ditjen Perbendaharaan tak terkecuali bagi KPPN Sanggau sebab pada tanggal 14 Januari 2004 merupakan hari lahir Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang menjadi awal mula perjalanan panjang Ditjen Perbendaharaan untuk mengabdi kepada Negeri. Setiap tahunnya momen spesial tersebut selalu dirayakan bersama-sama oleh seluruh unit kantor Ditjen Perbendaharaan sebagai ungkapan rasa syukur atas eksistensi dan kontribusi Ditjen Perbendaharaan dalam setiap aspek pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui aspek pengelolaan APBN.

Pada Tahun 2019 ini, KPPN Sanggau sebagai unit vertikal Ditjen Perbendaharaan juga ikut serta dalam peringatan Hari Bakti Perbendaharaan. Hal tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan berbagai acara sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan KPPN Sanggau Tahun 2019 dengan tema "Tingkatkan Sinergi Untuk Kemakumuran Negeri". Salah satu acara yang dilaksanakan sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan tersebut adalah Tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan. Acara Tasyakuran tersebut telah dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Januari 2019 bertempat di Aula KPPN Sanggau dengan mengundang seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satker, Pimpinan Pemerintah Daerah lingkup KPPN Sanggau, dan Pimpinan Bank Operasional Mitra KPPN Sanggau. Secara garis besar rangkaian acara Tasyakuran terdiri atas tiga bagian yaitu Kata Sambutan, Pemotongan Kue, serta Diskusi terkait Kemenkeu 4.0 dan arah pengelolaan APBN ke depannya. Pada bagian pertama diisi dengan agenda kata sambutan dari Kepala KPPN Sanggau, Ika Hermini Novianti. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholders KPPN Sanggau beserta harapan untuk semakin meningkatkan sinergi dalam menghadapi tantangan ke depan sesuai dengan tema Hari Bakti Perbendaharaan 2019. Selanjutnya, dalam sambutan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, yang disampaikan melalui tayangan video juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh KPPN beserta mitra kerja KPPN atas kerjasama yang baik dalam pengelolaan APBN baik dalam proses pelaksanaan maupun sampai pada proses pertanggungjawaban. Selain itu, beliau juga memaparkan hasil kinerja dan prestasi yang telah diraih oleh Ditjen Perbendaharaan serta harapan untuk terus meningkatkan kinerja dan sinergi dengan seluruh stakeholders agar proses pengelolaan APBN dapat berjalan optimal dan memiliki dampak positif yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

  

          Pada sesi kedua, acara dilanjutkan dengan agenda pemotongan kue sebagai simbol rasa syukur atas peringatan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019 yang dilakukan secara bersama-sama oleh Kepala KPPN Sanggau beserta perwakilan dari Satker mitra kerja KPPN yaitu  Kapolres Sekadau dan perwakilan Pemerintah Daerah yaitu Kepala BPKAD Kabupaten Landak. Pada sesi terakhir acara Tasyakuran, para undangan diajak untuk berdiskusi bersama Kepala KPPN Sanggau terkait Kemenkeu 4.0 dan arah kebijakan pengelolaan APBN ke depannya. Diskusi dimoderatori oleh Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal, Kamidi, dengan menghadirkan Kepala KPPN Sanggau, Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, dan Kepala BPKAD Landak sebagai panelis. Dalam paparannya, Kepala KPPN Sanggau menyampaikan bagaimana Kemenkeu 4.0 sedang dilaksanakan dan dikembangkan melalui modernisasi proses bisnis berbasis IT terutama dalam proses pengelolaan APBN yang melibatkan KPPN dan mitra kerja sehingga ke depannya untuk mendukung kelancaran proses tersebut membutuhkan keterlibatan dan partisipasi dari seluruh mitra kerja KPPN terutama dalam hal kesiapan infrastruktur dan SDM. Selain itu, Kepala KPPN Sanggau juga menyampaikan salah satu arah kebijakan pengelolaan APBN ke depan yaitu melalui adanya program Kartu Kredit Pemerintah yang akan digunakan oleh satker dalam pengelolaan UP sehingga seluruh stakeholders baik satker maupun bank mitra diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut. Dalam diskusi tersebut, kedua panelis lain yaitu Kepala Kejari Sekadau dan Kepala BPKAD menyampaikan apresiasi kepada KPPN Sanggau atas dukungan dan bantuan yang diberikan kepada mereka dalam hal pengelolaan APBN khususnya apabila terdapat kendala. Selain itu, mereka juga menyampaikan harapan kepada KPPN terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada stakeholder untuk memperlancar seluruh proses pengelolaan keuangan negara, baik dari sisi pelaksanaan sampai pada pertanggungjawaban. Secara khusus kedua panelis menyampaikan permintaan kepada KPPN agar dapat secara terus menerus memberikan bimbingan teknis maupun sosialisasi kepada pengelola keuangan satker terkait pengelolaan Kartu Kredit Pemerintah agar transisi dari pengelolaan UP secara tunai menuju pemakaian Kartu Kredit Pemerintah dapat berjalan lancar.

Akhirnya, acara Tasyakuran Hari Bakti Perbedaharaan 2019 ini diharapkan tidak hanya menjadi sekedar wadah seremonial belaka namun juga menjadi salah satu jembatan untuk meningkatkan sinergi antara KPPN selaku Kuasa BUN Daerah dengan seluruh stakeholders selaku Pengguna Anggaran sehingga dalam proses pelaksanaan tugas sehari-hari dapat bekerjasama dengan lebih baik lagi untuk kemakmuran Negeri.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sanggau
Jalan Jenderal Sudirman No.99 Sanggau - 78516
Tel: (0564) 23300

IKUTI KAMI

Search