Berita

Seputar KPPN Sijunjung

APRESIASI ATAS KETEPATAN DAN KUALITAS PENYAMPAIAN LPJ BENDAHARA JUNI 2020

Bendahara merupakan sosok yang sangat vital dalam pengelolaan keuangan Negara, ditangan bendaharalah suatu satuan kerja bertumpu dalam pengelolaan aktivitas sebuah entitas satuan kerja. Mengutip Peraturan menteri Keuangan nomor 230/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas PMK nomor 162/PMK.05/2013 tentang  Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara pada Satker Pengelola APBN, bendahara memiliki kewajiban untuk menyusun LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Bendahara secara bulanan.

LPJ Bendahara disusun berdasarkan Buku Kas Umum, buku-buku pembantu, dan Buku Pengawasan Anggaran yang telah diperiksa dan direkonsiliasi oleh KPA/PPK atas nama KPA.  Selanjutnya laporan LPJ dimaksud disampaikan ke KPPN paling lambat tanggal 10 (sepuluh) bulan berikutnya. Pertanggungjawaban bendahara ini merupakan wujud atau bukti akuntabilitas pengelolaan keuangan APBN.

KPPN Sijunjung sebagai unit vertikal Ditjen Perbendaharaan yang juga sebagai kuasa Bendahara Umum Negara di daerah, melakukan pembinaan kepada para satuan kerja di wilayah kerjanya masing-masing, termasuk dalam membina LPJ bendahara satker. KPPN Sijunjung dalam melaksanakan monitoring terhadap kepatuhan satker dalam menyampaikan LPJ Bendahara  menggunakan web-based aplikasi SPRINT terhadap LPJ Bendahara Pengeluaran dan Penerimaan dan melakukan verifikasi laporan penyampaian pertanggungjawaban dimaksud.

 

Jumlah LPJ bendahara yang menyampaikan laporan terdiri dari 61 Satker Pengeluaran dan 7 Penerimaan. Tingkat kepatuhan dan akurasi penyampaian LPJ Satker untuk periode bulan Juni 2020 patut diapresiasi,  jauh sebelum batas waktu berakhir yaitu tanggal 10 setiap bulannya satker telah mengunggah ke Aplikasi SPRINT. Meskipun dalam kondisi pelayanan secara elektronik karena kondisi pelayanan di tengah pandemi corona virus disease-19 (COVID-19), kepatuhan satker untuk menyampaikan hardcopy sebagai pelengkap laporan tersebut juga perlu diapresiasi.

 

Harapan kami, kepada seluruh satuan kerja wilayah kerja KPPN Sijunjung, prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dikemudian hari dalam menyampaikan LPJ Bendahara. Ini merupakan bentuk nyata dalam mendukung kelancaran pencairan Dana APBN dan pengelolaan penerimaan Negara serta mewujudkan Visi dan Misi Ditjen Perbendaharaan “Menjadi Pengelola Perbendaharaan Negara di Daerah yang Profesional, Modern, Transparan dan Akuntabel”

#Salam Soba77 KPPN Sijunjung

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search