Survei Kepuasaan Pengguna Layanan KPPN Sijunjung

    Sebagaimana undang undang tentang Pelayanan Publik, setiap institusi penyelenggara negara dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik.  Pelayanan publik adalah serangkaian kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanaan sesuai peraturan atas barang/jasa/pelayanan adminsitratif yang disediakan oleh penyelenggara negara. Dalam rangka mendapatkan penyelenggara negara yang mampu melayani masyarakat dan mampu meletakkan pondasi yang diperlukan bangsa untuk memenangkan persaingan global, diperlukan birokrasi yang agile, efisien, dan efektif, yaitu yang fleksibel, lincah dan cepat dalam merespon perubahan, serta mampu menggunakan sumber daya yang tersedia dengan seminimal mungkin untuk mendapatkan target/output yang telah ditetapkan secara optimal.

      Berdasarkan hal tersebut, menindaklanjuti Keputusan Menteri Keuangan nomor 1329/KMK.01/2018 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan, KPPN Sijunjung melakukan evaluasi penyelenggaraan pelayanan selama semester I tahun 2020. Survei dilakukan dengan metode kuesioner online/daring kepada satuan kerja lingkup KPPN Sijunjung yang diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Mei 2020. Adapun survei dimaksud untuk mengukur kualitas layanan dan kepuasan pengguna layanan KPPN Sijunjung.

    Dari hasil survei terdapat 50 orang responden yang berpartisipasi dalam survei dimaksud. Hasilnya diperoleh bahwa seluruh atau 100% responden mendapatkan pelayanan langsung dari KPPN Sijunjung atau tanpa perantara, selain itu sebagian besar responden menggunakan layanan pengajuan SPM dan pelaksanaan rekon Laporan Keuangan pada KPPN Sijunjung. Selanjutnya, deskripsi lengkap responden dapat dilihat pada grafik di bawah ini:

  • Jenis Kelamin Responden. Sebagian besar respoden atau 68% adalah wanita, sedangkan pria sebanyak sisanya 32%.

          

  • Rentang Usia Responden. Setengah lebih responden berada pada usia 31-40 tahun atau 54%, dan terdapat 4% yang tidak memberikan jawaban (TMJ).

         

  • Jabatan Responden. Mayoritas jabatan responden atau 32% adalah bendahara, diikuti Operator dan PPSPM masing-masing 28% dan 26%. 

         

  • Pendidikan Responden. Pendidikan didominasi oleh lulusan Sarjana/diploma IV sebesar 70% disusul kemudian oleh sarjana muda sebanyak 18%.

         

  • Responden Tahun Lalu. Kurang lebih dua pertiga responden merupakan pengelola keuangan yang tahun lalu menjadi partisipan survei.

           

  • Lama Layanan. Responden yang menggunakan layanan KPPN bervariasi, dengan hasil paling banyak 28% telah menggunakan layanan KPPN Sijunjung selama 6-10 tahun.

            

     Hasil survei juga mendapatkan Indeks Kepuasan Layanan yang sangat baik. Indeks kepuasan satker terhadap layanan adalah rata-rata tingkat kepuasan satker terhadap seluruh produk layanan perbendaharaan dari KPPN yang mereka gunakan dan manfaatkan, meliputi proses Pencairan Dana, layanan bimbingan dan konsultasi, konfirmasi surat setoran, penyelesaian rekonsiliasi realisasi anggaran, dan penyediaan sarana prasarana. Indeks kepuasan satker diukur melalui survei oleh masing-masing KPPN dengan metode sampling kepada responden terpilih dari seluruh mitra kerja yang dilayani oleh masing-masing unit eselon IV KPPN. Indeks Pengukuran menggunakan skala likert dari yang paling setuju pada indeks 5 sampai dengan yang paling tidak setuju pada indeks 1.

      Adapun detil analisis perhitungan atas indeks kepuasan layanan adalah sebagai berikut :

      I.    Rata-rata kepuasan terhadap layanan pencairan dana sebesar 4.725;

      II.   Rata-rata kepuasan terhadap bimbingan teknis senilai 4.713;

      III.  Rata-rata kepuasan terhadap layanan konfirmasi setoran adalah 4.745;

      IV.  Rata-rata kepuasan terhadap layanan rekonsiliasi LK yaitu 4.731;

      V.   Rata-rata kepuasan terhadap sarana dan prasarana sebesar 4.751;

      VI.  Kepuasan rata-rata seluruh layanan adalah sebesar 4.733; dan

      VII. Indeks IKM adalah 0.945 dengan kategori sangat puas (berdasarkan Customer Satisfaction Index).

     Dengan telah dilaksanakannya survei dimaksud, hasil survei menjadi feedback/umpan balik dari pengguna layanan yang selanjutnya diharapkan menjadi masukan, perbaikan, dan penyempurnaan pelayanan KPPN Sijunjung dikemudian hari. (red) 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search