Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

Mengingat sejarah berdirinya KPPN Singaraja dimulai sekitar tahun 1951, bersamaan dengan terbentuknya Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN/CKC) : Central Kontoor Voor de Comptabiliteit) di Provinsi Sunda kecil. KPPN/CKC memiliki tugas melaksanakan kewenangan ordonansering di wilayah kerja Provinsi Sunda kecil yang meliputi Pulau Bali, Sumba, Flores dan Timor.

Pada tanggal 15 Agustus 1958 Provinsi Sunda kecil dimekarkan menjadi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara barat. Provinsi Bali beribukota di Denpasar. Pada sekitar tahun yang sama Kantor Pusat Perbendaharaan Negara Singaraja berganti nama menjadi Kantor Bendahara Negara (KBN) Singaraja. Hal ini dikarenakan umumnya didirikan di kota-kota provinsi, maka sekitar tahun 1976 KBN Singaraja dipindah lokasinya ke kota Denpasar dan sebagai gantinya kota Singaraja didirikan Kantor Kas Negara (KKN) Singaraja. Tugas KKN Singaraja adalah melaksanakan wewenang sebagai Bendaharawan Umum dengan membayarkan uang negara berdasarkan mandat atau Surat Perintah Membayar Uang (SPMU) dari Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN).

Pada tanggal 1 April 1990, dalam reorganisasi Direktorat Jenderal Anggaran dilakukan perubahan nomenklatur dan fungsi kerja Kantor Kas Negara (KKN) menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN).

Pada tanggal 20 Oktober 1999, KPKN Singaraja mengalami musibah yaitu kejadian tragis yang mengakibatkan banyak kerugian materi dan traumatis hingga kini masih dirasakan.

Saat itu, Gedung Keuangan Negara (GKN) yang menjadi lokasi KPKN Singaraja (KPPN Singaraja nama sekarang) berserta Kantor Pelayanan Pajak Singarajan dan KP PBB Singaraja, dibakar oleh masyarakat dalam sebuah kerusuhan massa setelah pengumuman hasil pemilu untuk pemilihan Presiden RI saat itu.

Hal ini KPPN Singaraja banyak kehilangan arsip, dokumen serta aset negara yang menjadi sarana dan prasarana penunjang operasional kegiatan perkantoran habis terbakar. Agar fungsi pelayanan tetap berjalan, kegiatan operasional KPKN Singaraja sementara dilaksanakan degan meminjam salah satu gedung perumahan Dosen UNDIKSHA Singaraja sampai dengan pembangunan Gedung Keuangan Negara (GKN) Singaraja selesai dibangun yaitu awal tahun 2001. Selanjutnya pada bulan Oktober 2004 Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) kembali berganti nomenklatur dan fungsi kerja menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) hingga saat ini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search