Berita

Seputar Kanwil DJPb

Mengenalkan APBN Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan "Tour d'KPPN"


Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2019, pada tanggal 17 Januari 2019 KPPN Singkawang menyelenggarakan kegiatan yang dinamai "Tour d'KPPN". Kegiatan ini merupakan wujud dari program Perbendaharaan Menyapa yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan hari Bakati Perbendaharaan tahun 2019 yang diselenggarakan KPPN KPPN SIngkawang. Tour d'KPPN dimaksudkan untuk mengenalkan APBN lebih dini kepada siswa SD melalui pengenalan tugas dan fungsi KPPN dalam mengelola APBN. Peserta Tour d'KPPN adalah siswa kelas V dari SDN 27 dan SDN 28 Singkawang, dengan didampingi masing-masing oleh 2 orang Guru Pendamping.



Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala KPPN Singkawang, yang menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut. Selanjutnya, acara diserahkan sepenuhnya kepada fasilitator dari KPPN Singkawang yang telah berpengalaman dalam program Kemenkeu Mengajar yaitu Tisa Utaviani dan Leo Sukoco. Dengan peserta tour adalah Siswa kelas V SD, maka kemasan acara dibuat <i>fun</>, dengan pengenalan2 hal-hal terkait APBN maupun tugas KPPN menggunakan media gambar dan sebagainya. Selain itu, materi yang cukup penting diajarkan sejak dini adalah materi Anti Korupsi, yang juga disampaikan dengan media-media gambar maupun banner yang ada di KPPN Singkawang.

Kurang lebih 45 menit acara di ruang aula KPPN, baik siswa maupun guru sangat antusias mengikuti jalannya acara dengan terjalinnya komunikasi 2 arah antara fasilitator dan peserta. Selanjutnya, peserta diajak berkeliling ke ruang kerja KPPN Singkawang, dimulai dari ruang Front Office. Di ruang Front Office, peserta diajak memainkan role play, dimana ada peserta yang bertindak sebagai petugas pengantar SPM, dan ada yang bertugas sebagai pegawai KPPN. Diarahkan oleh Kepala Seksi MSKI KPPN Singkawang, para siswa sangat senang bisa mengenal KPPN yang sebelumnya sama sekali belum mereka ketahui tugasnya dalam pengelolaan APBN. Selesai di ruang Front Office, peserta diajak ke ruang Middle Office, berkenalan dengan seluruh Kepala Seksi dan Pegawai KPPN Singkawang, serta tugasnya masing-masing.

Acara ditutup dengan pemberian kesan dan pesan dari peserta maupun guru pendamping. Secara umum, peserta Tour d'KPPN sangat senang dan mengapresisasi inisiatif KPPN Singkawang menyelenggarakan acara tersebut, bahkan salah satu guru pendamping menyarankan agar seluruh guru diikutkan dalam kegiatan tersebut, karensa dapat menambah wawasan guru terutama dalam tugas Kementerian Keuangan untuk mengelola APBN. Dalam penutupan ini, 2 orang siswa dari SDN 27 Singkawang mempersembahkan penampilan dengan menyanyikan lagu daerah Kalimantan Barat.

Sungguh acara yang menyenangkan dan mendidik. Semoga generasi penerus bangsa ini dapat menjadi pengelola Keuangan Negara yang handal kelak.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search