Berita

Seputar Kanwil DJPb

Koordinasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Kab. Sintang

[ 9 Juni 2021] Transfer ke Daerah dan Dana Desa merupakan alokasi anggaran yang ditujukan untuk mendukung kebutuhan pendanaan pelayanan publik di daerah. Pemerintah pada tahun 2021 mengalokasikan sebagian dari APBN yang jumlahnya mencapai Rp795,48 triliun. Tidak terkecuali Kabupaten Sintang yang mendapat alokasi TKDD tahun anggaran 2021 sebesar Rp579 milyar yang terdiri dari Rp230 milyar untuk alokasi DAK Fisik dan sekitar Rp348 milyar untuk Dana Desa.

Kabupaten Sintang tercatat sudah merealisasikan sekitar 30% dari alokasi Dana Desa sepanjang bulan Januari-Juni 2021. Namun anggaran DAK Fisik belum terealisasikan sampai Bulan Juni 2021. Hal tersebut menjadi fokus KPPN Sintang sebagai kuasa BUN di daerah dalam hal terwujudnya percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Sintang melalui realisasi dari pagu DAK Fisik yang telah dialokasikan sebelumnya.

Berangkat dari semangat tersebut KPPN Sintang berinisiatif untuk melakukan kunjungan dinas dan koordinasi langsung dengan Bupati Kabupaten Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph , yang lebih khusus membahas terkait perkembangan realisasi DAK Fisik. Pada pertemuan tersebut Kepala KPPN Sintang Bapak Sri Henricus Budiyono menyampaikan bahwa KPPN Sintang selalu sigap dan aktif menanggapi saran ataupun kendala yang dihadapi daerah agar percepatan pembangunan daerah Sintang melalui penyaluran DAK Fisik dapat berjalan dengan lancar.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph juga menyambut baik maksud dan semangat sinergitas KPPN Sintang untuk terus melakukan langkah percepatan pembangunan Kabupaten Sintang. Bapak dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph tak lupa juga membahas potensi ekenomi daerah Kabupaten Sintang yang juga akan terpengaruh secara positif jika DAK Fisik dapat direalisasikan dengan baik dan tepat sasaran.

Sebelum meninggalkan pertemuan tersebut, Bupati Kabupaten Sintang juga menyampaikan pesan bahwa komunikasi dan koordinasi agar terus dilakukan antara KPPN Sintang sebagai penyalur TKDD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pelaksana kegiatan DAK Fisik tahun anggaran 2021.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search