Berita

Seputar Kanwil DJPb

Koordinasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Kab. Melawi

Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa merupakan salah satu instrumen fiskal pemerintah pusat dengan salah satu tujuan utamanya adalah untuk menstimulus perekonomian daerah melalui pembangunan Fisik daerah dan pengembangan ekonomi desa. Hal tersebut akan terwujud jika penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tersebut dilakukan secara cepat, tepat, dan sesuai sasaran utamanya.

Dalam rangka koordinasi percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021 tersebut, Senin, 21 Juni 2021, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sintang, Sri Budiyono Henricus melakukan koordinasi dengan Bupati Kabupaten Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa di Kantor Bupati Melawi. Ikut menghadiri pertemuan itu, Kepala KPP Pratama Sintang, Taufik beserta jajarannya.

Dalam pertemuan tersebut, Sri Budiyono Henricus selaku Kepala KPPN Sintang yang baru menjabat di awal bulan Juni ini mengawali dengan perkenalan diri yang kemudian dilanjutkan dengan perbincangan santai dan diskusi terkait alokasi dan realisasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Pada tahun 2021, Pemerintah Daerah Melawi memperoleh alokasi DAK Fisik sebesar Rp105 miliar. Sedangkan alokasi Dana Desa Tahun 2021 untuk Pemerintah Daerah Melawi sebesar Rp159 miliar. Adapun realisasi penyaluran Dana Desa tahun 2021 telah mencapai 39% dari alokasi dananya dengan rincian penyaluran Dana Desa Tahap I (non BLT).

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Sintang menyampaikan pentingnya dukungan dari Bupati Melawi sebagai kepala daerah beserta jajarannya untuk dapat mengakselerasi dan menggerakkan semua elemen terkait dalam rangaka percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Bupati Melawi memberikan sinyal baik dan bersedia untuk mendukung sepenuhnya akselerasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021 dengan mengambil langkah-langkah strategis antara lain dengan meminta komitmen para Kepala Dinas terkait dan Kepala Desa untuk dapat segera memenuhi dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tersebut.

Bupati Melawi berharap agar koordinasi antara KPPN Sintang dan Pemerintah Daerah Melawi berlanjut terus untuk mengawal percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search