PEDOMAN REKONSILIASI DALAM RANGKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KEMENTERIAN NEGARA/LEMBAGA (LKKL) SEMESTER I TAHUN 2020

  1. Rekonsiliasi eksternal antara Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA)/Satuan Kerja (satker) dengan KPPN dalam rangka penyusunan LKKL Semester I Tahun 2020 menggunakan Aplikasi e-Rekon&LK pada situs www.e-rekon-lk.dipbn.kemenkeu.qo.id.
  2. Proses pengunggahan Arsip Data Komputer (ADK) bulan Juni 2020 ke Aplikasi e-Rekon&LK:
    - Satker yang belum menggunakan Aplikasi SAKTI secara penuh mengunggah ADK bulan Juni 2020 dari Aplikasi SAIBA ke Aplikasi e-Rekon&LK. ADK bulan Juni 2020 merupakan data kumulatif bulan Januari – Juni 2020.
    - Satker yang telah menggunakan Aplikasi SAKTI secara penuh tidak perlu melakukan pengunggahan data karena push data GL dan BMN dari database Aplikasi SAKTI ke database Aplikasi e-Rekon&LK dilakukan secara terpusat oleh Ditjen Perbendaharaan c.q. Direktorat Sistem lnformasi dan Teknologi Perbendaharaan. Push data dilakukan apabila satker telah melakukan tutup periode sampai dengan bulan Juni 2020.
  3. Satker agar meyakini keakuratan seluruh data transaksi LRA dan non LRA sebelum melakukan pengunggahan data sehingga pengunggahan data berulang dapat dihindari dan penerbitan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) dapat dilakukan secara tepat waktu.
  4. Dalam hal masih terdapat perbedaan data setelah BAR diterbitkan, satker melakukan perbaikan data dan mengunggah ulang ADK dengan terlebih dahulu meminta reset BAR kepada KPPN. Unggah ulang ADK agar memperhatikan batas akhir masa rekonsiliasi.
  5. Atas perbedaan realisasi Pendapatan dan Pengembalian Belanja yang tidak diakui satker, Kuasa Pengguna Anggaran membuat surat pernyataan sesuai format sebagaimana dimaksud dalam Lampiran V.
  6. Jadwal open/close period Aplikasi e-Rekon&LK diatur sebagai berikut:
  7. Apabila sampai dengan tanggal 16 Juli 2020 satker belum memperoleh status "menunggu TTD KPA" pada Aplikasi e-Rekon&LK, satker dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 104/PMK.05/2017 tentang Pedoman Rekonsiliasi dalam Penyusunan Laporan Keuangan Lingkup Bendahara Umum Negara dan Kementerian Negara/Lembaga
  8. K/L yang memerlukan open/close period di luar waktu sebagaimana dimaksud dalam angka 7, dapat mengajukan permohonan open/close period kepada Direktur Jenderal Perbendaharaan c.q. Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan melalui sarana tercepat (Telp, Whatsapp, email, dsb).
  9. Jadwal penyampaian LK masing-masing unit akuntansi secara berjenjang diatur sebagai berikut:

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search