Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan KPPN Sintang Semester II Tahun 2019

Berdasarkan rekapitulasi perhitungan data survey dapat diperolah kesimpulan untuk perhitungan capaian IKU ““Indeks Kepuasan satker terhadap layanan KPPN” adalah sebagai berikut:

  1. Rata- rata hasil perhitungan tingkat kepuasan untuk Kinerja Layanan Pencairan Dana adalah sebesar 4.81 sedangkan Rata-rata hasil perhitungan tingkat kepuasan untuk Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi adalah sebesar 4.80. Dengan demikian capaian IKU Kemenkeu Four Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker pada KPPN Tipe A2, yaitu IKU “Indeks kepuasan Satker terhadap layanan Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker” diukur berdasarkan rata-rata hasil perhitungan Kuesioner Kinerja Layanan Pencairan Dana (Kode 2.1) dan Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi (Kode 2.2), dalam hal ini adalah sebesar 4,80.
  2. Rata-rata hasil perhitungan tingkat kepuasan untuk Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran adalah sebesar 4.80, sehingga capaian IKU Kemenkeu-Four Seksi Bank “Indeks Kepuasan satker terhadap layanan Seksi Bank” adalah 4,80.
  3. Rata-rata hasil perhitungan tingkat kepuasan untuk Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan adalah sebesar 4.78, sehingga capaian IKU Kemenkeu-Four Seksi Verifikasi dan Akuntansi “Indeks Kepuasan satker terhadap layanan Seksi Verak” adalah 4,78.
  4. Rata-rata hasil perhitungan tingkat kepuasan untuk Sarana dan Prasarana adalah sebesar 4,79, sehingga capaian IKU Kemenkeu-Four Subbagian Umum “Indeks Kepuasan satker terhadap layanan” adalah 4,79.
  5. Dengan demikian, total hasil perhitungan tingkat kepuasan Survei Kepuasan Pengguna Layanan KPPN sebagai dasar pengukuran capaian IKU Kemenkeu-Three KPPN “Indeks Kepuasan Satker terhadap layanan KPPN” adalah 4,79. Nilai tersebut diperoleh berdasarkan rata-rata tingkat kepuasan Kinerja Layanan Pencairan dana, Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi, Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran, Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan, serta Sarana dan Prasarana.

 Untuk perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) data yang digunakan adalah tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan, penghitungan IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja layanan publik dan sebagai bahan evaluasi untuk menetapkan kebijakan dan langkah perbaikan pelayanan kedepan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Keuangan, dengan penjelasan sebagai berikut:IKM dihitung dengan rumus:

IKM = Indeks Kepuasan Masyarakat

T     = Hasil kali antara jumlah rata-rata kepentingan dengan rata-rata kepuasan ( ∑ I x P)

5Y   = 5x Jumlah rata-rata Kepentingan (5 x ∑I)

 

Kriteria Nilai Customer Satisfaction Index

Nilai CSI

Kriteria CSI

0,81 – 1,00

Sangat Puas

0,66 – 0,80

Puas

0,51 – 0,65

Cukup Puas

0,35 – 0,50

Kurang Puas

0,00 – 0,34

Tidak Puas

 

  • Jumlah nilai rata-rata hasil perhitungan tingkat kepentingan untuk Layanan Pencairan Dana (Ya) sebesar 160,13 dan skor (Ta) sebesar 764,68.
  • Jumlah nilai rata-rata hasil perhitungan tingkat kepentingan untuk Layanan Bimbingan dan Konsultasi (Yb) sebesar 151,04 dan skor (Tb) sebesar 723,79.
  • Jumlah nilai rata-rata hasil perhitungan tingkat kepentingan untuk Layanan Konfirmasi Surat Setoran (Yc) sebesar 151,79 dan skor (Tc) sebesar 730,02.
  • Jumlah nilai rata-rata hasil perhitungan tingkat kepentingan untuk Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan (Yd) sebesar 162,28 dan skor (Td) sebesar 780,83.
  • Jumlah nilai rata-rata hasil perhitungan tingkat kepentingan untuk Sarana dan Prasarana (Ye) sebesar 29,5 dan skor (Te) sebesar 140,13.

 Dengan demikian, total hasil perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) KPPN adalah sebesar 0,97

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search