Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah KPPN Sumedang

Sejarah Singkat KPPN Sumedang

Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Direktorat Jenderal Anggaran berbagai upaya telah dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. Salah satu upaya yang telah dilaksanakan adalah penyempurnaan dan penyederhanaan organisasi Direktorat Jenderal Anggaran dan kantor – kantor daerah Direktorat Jenderal Anggaran.

Penyempurnaan Organisasi instansi vertikal Direktorat Jenderal Anggaran dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 442/ KMK.01/ 2001 tanggal 23 Juli 2001.

Dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 442/KMK.01/2001 tanggal 23 Juli 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Anggaran, Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara, dan Kantor Verifikasi Pelaksanaan Anggaran, terdapat perubahan dalam hal :

  • Jumlah Kantor
  • Struktur Organisasi
  • Nama, Tipe, Lokasi, dan Wilayah Kerja

Reorganisasi tingkat kantor vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran di daerah dilaksanakan secara bertahap yaitu dengan dibukanya kembali beberapa kantor baru.

Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Sumedang merupakan pembukaan kantor vertikal tahap kedua tahun 2002 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Anggaran Nomor : KEP-68/A/2002 tanggal 23 Mei 2002 yang melayani wilayah pembayaran Kabupaten Sumedang.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Keputusan Direktur Jenderal Anggaran maka terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2002 secara resmi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Sumedang dibuka kembali yang berlokasi di Jalan Mayor Abdurrahman No.221 Sumedang yang ditutup sejak 1 Oktober 1997.

Keadaan Geografis KPPN Sumedang

    KPPN sumedang terletak di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, secara administrasi letak Kabupaten Sumedang di batasi oleh wilayah tingkat II yaitu sebelah utara adalah berbatasan dengan kabupaten Indramayu, sebelah timur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Majalengka, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung. Sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan.

    Luas Kabupaten Sumedang adalah 152.220 km, luas lahan yang tidak di usahakan relatif sangat kecil di bandingkan dengan luas lahan yang sudah di usahakan. Hal ini menunjukan bahwa Kabupaten Sumedang memiliki Sumber Daya Alam yang memadai yang asiap untuk di olah. Institut Pemerintah Dalam Negri dan Universitas Padjajaran berlokasi di kecamatan jatinangor Kabupaten Sumedang.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search