Profil

Sejarah KPPN Tangerang

Sejarah

SEJARAH DAN KONTRIBUSI DAERAH

KPPN Tangerang merupakan instansi vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang bertanggung jawab kepada Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten. KPPN Tangerang adalah KPPN Type A1 Non Provinsi yang berdiri sejak tahun 2001 dengan nama Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Tangerang yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan II A No.11 berada di bawah Kantor Wilayah X Direktorat Jenderal Anggaran Bandung.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 303/KMK.01/2004 tentang Organisasi dan TataKerja Departemen Keuangan sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2004, Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Tangerang berubah nama menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang.

Sejak bulan Januari 2004, KPPN Tangerang menempati gedung baru dengan alamat Jl. TMP Taruna No.12 Kota Tangerang yang berdekatan dengan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dan Masjid Raya Al Azom yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Tangerang.

KPPN Tangerang bersebelahan dengan Kantor Pelayanan Pajak Tangerang Timur dan KPP Madya Tangerang serta bersebelahan dengan Stadion Benteng dengan luas tanah 5.121 m2 dan luas bangunan 1.136 m2. KPPN Tangerang mempunyai 3 (tiga) wilayah kerja Kabupaten/Kota yang terdiri dari:
1. Kota Tangerang
2. Kota Tangerang Selatan
3. Kabupaten Tangerang

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 303/KMK.01/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2004, Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Tangerang berubah nama menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang.

Sejak bulan Januari 2004, KPPN Tangerang menempati gedung baru dengan alamat Jl. TMP Taruna No.12 Kota Tangerang yang berdekatan dengan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dan Masjid Raya Al Azom yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Tangerang.

KONDISI GEOGRAFIS KOTA TANGERANG

Secara geografis wilayah Kota Tangerang berada di antara 60 6 LS – 60 13 LS dan 1060 36 – 420 BT dengan luas wilayah 184,23 km2 termasuk Bandar Udara Soekarno Hatta seluas 19,69 km2 dengan batas-batas sebagai berikut :
Batas Utara     : Kabupaten Tangerang
Batas Selatan   : Kabupaten Tangerang
Batas Timur     : DKI Jakarta
Batas Barat      : Kabupaten Tangerang

Letak Kota Tangerang sangat strategis karena berada di Jakarta dan Kabupaten Tangerang. Sesuaidengan Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 1976 tentang pengembangan Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi), Kota Tangerang merupakan salah satu daerah penyangga kota Jakarta yang merupakan ibu kota negara Republik Indonesia. Posisi strategis tersebut menjadikan perkembangan Kota Tangerang berjalan pesat. Di satu sisi Kota Tangerang menjadi daerah limpahan berbagai kegiatan dari Jakarta dan di sisi lain menjadi daerah kolektor pengembangan wilayah Kabupaten Tangerang sebagai daerah dengan sumber daya alam yang produktif.

Pesatnya pertumbuhan Kota Tangerang dipercepat pula dengan keberadaan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sebagian arelanya termasuk kedalam wilayah administrasi Kota Tangerang. Gerbang perhubungan udara Indonesia tersebut, telah membuka peluang bagi pengembangan kegiatan perdagangan dan jasa secara luas di Kota Tangerang dan merupakan kebanggaan Kota Tangerang. Bandar Udara Internasional ini diberi nama dari nama Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta. Sering disebut Bandara Cengkareng karena letak wilayahnya di daerah Cengkareng, dan menjadi kode IATA-nya, yaitu CGK. Letaknya sekitar 20 km barat Jakarta, di Kota Tangerang Banten. Karena letak bandara yang tidak jauh dari KPPN Tangerang itulah, membuat KPPN Tangerang menjadi KPPN impian sebagian pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai daerah penempatan tugas.

Selain keberadaan Bandara Soekarno Hatta, pesatnya perkembangan Kota Tangerang didukung pula dari tersedianya sistem jaringan transportasi terpadu dengan wilayah Jabodetabek, serta aksesibilitas dan konektivitas berskala nasional dan internasional yang baik. Kedudukan geografis Kota Tangerang tersebut telah mendorong bertumbuhnya aktivitas industri, perdagangan dan jasa yang merupakan basis perekonomian Kota Tangerang. Berdasarkan gambaran potensi wilayah dan potensi pertumbuhan ekonomi tersebut, KPPN Tangerang berkontribusi penting dalam mengawal pembangunan daerah Kota Tangerang dan sekitarnya. KPPN Tangerang siap menyalurkan dana APBN yang menjadi sumer pembiayaan program-program pemerintah termasuk program-program pembanguanan di wilayah Tangerang.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Ikuti Kami

 

 

ALPHA & E-FILLING SPT

 

 

Search