Profil

Visi Misi Kanwil DJPb

Visi dan Misi

Visi KPPN Tanjungbalai

KPPN Tanjungbalai selaku instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan memiliki visi “menjadi pengelola perbendaharaan negara di daerah yang profesional, modern, transparan, dan akuntabel”.
Pengelola perbendaharaan negara artinya KPPN Tanjungbalai mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara sesuai UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
Profesional memiliki makna bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Pimpinan dan seluruh pegawai KPPN Tanjungbalai bekerja secara tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.
Modern memiliki makna bahwa dalam memberikan layanan kepada para pemangku kepentingan, KPPN Tanjungbalai memaksimalkan dukungan kemajuan Teknologi Informasi untuk mendukung terselenggaranya proses bisnis secara efektif dan efisien.
Transparan memiliki makna bahwa dalam memberikan pelayanan, seluruh pejabat/pegawai KPPN Tanjungbalai menjunjung tinggi keterbukaan dalam aturan dan prosedur untuk mewujudkan pertanggungjawaban kinerja dan mencegah terjadinya penyimpangan kewenangan.
Akuntabel memiliki makna bahwa penyelenggaraan tugas dan fungsi KPPN Tanjungbalai dalam rangka pencapaian tujuan dilaksanakan dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang baik (best practice) dan dapat dipertanggungjawabkan.

Misi KPPN Tanjungbalai

Dalam mewujudkan visi tersebut KPPN Tanjungbalai mengemban misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pengelolaan kas dan investasi yang prudent, efisien, dan oftimal/ To achieve prudent, efficient, and optimum cash and fund investment management
    Sebagai pengelola kas negara (fund manager), maka penguatan kinerja dilaksanakan untuk mewujudkan pengelolaan kas yang optimal melalui perencanaan kas yang efektif menghindari cash mismatch; menjamin ketersediaan kas secara akurat dan tepat waktu; optimalisasi idle cash; penatausahaan penerimaan negara yang efektif dan akuntabel; serta sentralisasi pengelolaan kas sehingga dapat menyajikan informasi posisi kas negara secara akurat dan tepat waktu. Sedangkan sebagai pengelola investasi pemerintah ditujukan untuk menunjang pembangunan secara berkelanjutan, dan memformulasikan bentuk investasi yang efektif dan efisien serta memiliki multiplier effect bagi pembangunan nasional.
    KPPN Tanjungbalai sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan dan memperkuat Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai regulator yang mampu mewujudkan penguatan regulasi di bidang pengelolaan investasi pemerintah, sehingga dapat menghasilkan penerimaan negara yang optimal, disamping juga melakukan penguatan peran sebagai pengelola penerusan pinjaman, kredit program, dan insvestasi pemerintah lainnya.
    Terkait dengan fungsi pengelolaan keuangan BLU, hingga saat ini tidak terdapat satker K/L dalam wilayah kerja KPPN Tanjungbalai yang ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU), namun KPPN Tanjungbalai tetap berkomitmen untuk menerapkan layanan prima atas pengelolaan keuangan BLU jika pada tahun yang akan datang terdapat satker K/L dalam wilayah kerja KPPN Tanjungbalai yang ditetapkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU).
  2. Mendukung kinerja pelaksanaan anggaran yang tepat waktu, efektif, dan akuntabel/To support timely, effective, and accountable budget execution
    KPPN Tanjungbalai senantiasa berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan monitoring dan evaluasi pencapaian kinerja pelaksanaan anggaran secara tepat waktu dan jumlah untuk mewujudkan pola penyerapan anggaran yang proposional dan sesuai dengan perencanaan sepanjang tahun anggaran melalui pelaksanaan anggaran secara tertib, efisien, transparan, akuntabel, dan taat pada peraturan perundang-undangan.
    Selain itu, KPPN Tanjungbalai juga senantiasa mendukung usaha-usaha untuk mewujudkan penyelesaian dan penyampaian revisi dokumen pelaksanaan anggaran secara transparan serta terbangunnya mekanisme dan sistem yang kuat dalam melakukan pengawasan terhadap kepatuhan pelaksanaan anggaran di lingkup Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara.
  3. Mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat waktu/ To achieve accountable, transparent, and timely state finance accounting and reporting
    KPPN Tanjungbalai senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan akuntabilitas, transparansi, akurasi dan ketepatan waktu penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Kuasa BUN-Daerah Tingkat KPPN, yang merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan negara sejak proses penganggaran, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban, sehingga memilki peran yang sangat signifikan dalam menjaga stabilitas fiskal dan kredibilitas pemerintah di mata masyarakat serta internasional.
  4. Mewujudkan pelaksanaan transformasi kelembagaan yang efektif dan efisien/To achieve effective and efficient implementation of intutional transformation
    KPPN Tanjungbalai senantiasa mendukung terlaksananya proses transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan secara efektif dan efisien dalam rangka pengembangan proses bisnis dan kinerja Direktorat Jenderal Perbendaharaan di masa mendatang.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search