Berita

Seputar Kanwil DJPb

OPTIMALKAN PENGGUNAAN KARTU KREDIT PEMERINTAH GUNA MEWUJUDKAN VISI DAN MISI PENGELOLA KEUANGAN NEGARA DI DAERAH YANG PROFESIONAL, MODERN DAN AKUNTABEL

http://www.djpbn.kemenkeu.go.id/kppn/tanjungpandan

Dalam rangka mewujudkan kebijakan pemerintah gerakan cashless society (non tunai), KPPN Tanjung Pandan kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Overview Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Triwulan II Tahun 2020, Rabu (24/6). Kegiatan yang berlangsung melalui Layanan Istimewa (LaIs) Zoom Meeting ini dihadiri oleh seluruh satker lingkup pembayaran KPPN Tanjung Pandan.

Dalam sambutannya Kepala KPPN Tanjung Pandan, Yessy Silvia Maharini menyampaikan bahwa Implementasi Kartu Kredit Pemerintah saat ini telah memasuki tahun kedua. Hampir semua satker wajib KKP telah menggunakan Kartu Kredit Pemerintah dalam penyelesaian tagihannya.

Yessy juga menambahkan dalam sambutannya beberapa keuntungan menggunakan Kartu Kredit Pemerintah antara lain : (1) Meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksis keuangan negara (2) Meningkatkan keamanan dalam bertransaksi (3) Mengurangi potensi fraud dari transaksi tunai (4) Mengurangi cost of fund atau idle cash dari penggunaan uang persediaan.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi pengelola keuangan negara di daerah yang professional, modern dan akuntabel, maka  langkah selanjutnya adalah kita perlu melihat bersama implementasi KKP sejauh ini. Kita perlu mengupas bagaimana implementasi KKP selama ini, apakah penggunaan KKP di satker telah berjalan dengan baik sehingga tujuan penggunaan KKP sebagai alat pembayaran uang persediaan dapat tercapai. Apa saja kendala yang dihadapi dalam melaksanakan KKP, khususnya dalam lingkup satuan kerja mitra KPPN Tanjung Pandan, yang tentunya kita tahu bahwa ada keterbatasan-keterbatasan yang kita hadapi di Pulau Belitung ini, imbuh Yessy.

Yessy berharap melalui kegiatan sosialisasi ini akan merefresh kembali pemahaman terkait  KKP dalam pembayaran UP di satker, kemudian kita akan mengupas kendala dan hambatan implementasi KKP, yang hasilnya nanti akan menjadi masukan bagi semua pihak yang terlibat dalam implementasi KKP, baik Bendahara Umum Negara maupun Kementerian/Lembaga, dan tentunya juga pihak Perbankan, untuk menempuh upaya-upaya yang dirasa perlu untuk perbaikan ke depannya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan paparan dengan materi Overview Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manjemen Satker, Leni Marlina dilanjutkan paparan keuntungan menggunakan Cash Management System BRI (oleh Bendahara Pengeluaran KPPN Tanjung Pandan, R.Hardono dan dipandu oleh petugas CSO, Yurfa Sabiila Rohmah.

Menutup pertemuan sosialisasi, Yessy menyampaikan 3 (tiga) satker terbaik dalam Pengunaan Kartu Kredit Pemerintah serta ketepatan waktu penyampaian Laporan Monitoring dan Evaluasi Kartu Kredit Pemerintah Triwulan I Tahun 2020.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.640202

IKUTI KAMI

Search