VISI KPPN Tarakan :
-
Mewujudkan pengelolaan kas negara yang pruden, efisien, dan optimal;
-
Mendukung kinerja pelaksanaan APBN yang efisien, efektif, dan akuntabel;
-
Mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah yang akuntabel, transparan, andal, dan tepat waktu;
-
Mewujudkan tata kelola investasi pemerintah yang modern, inklusif, dan berkelanjutan;
-
Mewujudkan layanan dan tata kelola keuangan Badan Layanan Umum yang inovatif dan modem;
-
Mewujudkan tata kelola sumber daya, proses bisnis, dan sistem teknologi informasi perbendaharaan yang modem, efektif, dan adaptif.

No |
Sasaran Strategis |
Indikator Kinerja Utama |
Target |
|
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
|
1. |
Pengelolaan treasury pemerintah yang akuntabel |
1a-CP |
Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L |
89 |
1b-N |
Nilai kualitas LK Kuasa BUN KPPN |
95 |
||
2. |
Birokrasi dan layanan publik yang agile, efektif, dan efisien |
2a-N |
Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN |
4,65 (Skala 4) |
3. |
Perumusan regulasi dan otorisasi yang kredibel |
3a-N |
Persentase penyelesaian SP2D secara tepat waktu |
99,4% |
4. |
Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan |
4a-CP |
Persentase tingkat implementasi Aplikasi SAKTI |
100% |
4b-N |
Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan |
90% |
||
4c-N |
Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan |
88,5 |
||
5. |
Pengelolaan kas yang optimal |
5a-CP |
Persentase akurasi perencanaan kas |
83% |
5b-N |
Indeks efektivitas pengelolaan pengeluaran kas |
3,15 (Skala 4) |
||
6. |
Pelaksanaan anggaran yang efektif dan efisien |
6a-CP |
Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa |
90 |
6b-N |
Indeks implementasi Digipay |
3 (Skala 4) |
||
6c-N |
Tingkat partisipasi pelaporan data capaian output satker |
90 |
||
7. |
Pertanggungjawaban keuangan negara yang akuntabel |
7a-CP |
Indeks Kualitas Pelaksanaan Rekonsiliasi Tingkat UAKPA |
3,25 (Skala 4) |
7b-N |
Persentase LPJ Bendahara yang andal dan tepat waktu |
98,5% |
||
8. |
Penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif |
8a-N |
Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization |
84,5 |
8b-N |
Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal |
85 |
||
8c-N |
Nilai rata–rata hard competency pegawai |
78 |
||
9. |
Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang optimal |
9a-CP |
Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN |
95,5% |
9b-N |
Nilai kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB |
83 |
||
9c-N |
Tingkat kualitas pengelolaan BMN |
100% |