KPPN Tegal Terima PKL Mahasiswa PKN-STAN

Pada hari Senin, 10 Februari 2020 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tegal kedatangan 10 orang peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Politeknik Keuangan Negara STAN.

Pada kesempatan sebelumnya Direktur PKN STAN melalui Nota Dinas nomor ND-304/PKN/2020 tanggal 06 Februari 2020 telah menyampaikan permohonan pelaksanaan PKL bagi mahasiswa PKN STAN pada instansi-instansi yang telah ditentukan. Peserta PKL adalah mahasiswa PKN STAN tingkat akhir yang berasal dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Pemalang dengan rincian  6 peserta  berasal dari Program Studi Diploma III Spesialisasi Kebendaharaan Negara dan 4 peserta lainnya berasal dari Program Studi Diploma III Spesialisasi Akuntansi.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) sendiri merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan Negara. Mahasiswa lulusan PKN STAN nantinya akan dipekerjakan pada instansi pemerintah baik pada internal Kementerian Keuangan maupun di luar Kementerian Keuangan. Sebagian besar pegawai Kementerian Keuangan merupakan alumni dari salah satu perguruan tinggi kedinasan ini.

Sesuai dengan Peraturan Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN Nomor PER-8/PKN/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa, peserta PKL akan melaksanakan praktik selama 8 minggu menyesuaikan dengan hari kerja lokasi PKL. PKL dimulai dari tanggal 10 Februari s.d. 3 April 2020. Para peserta ini merupakan mahasiswa semester lima PKN STAN yang telah mendapatkan berbagai macam teori yang siap dipraktikan langsung di lapangan.

Dalam melaksanakan PKL, kesepuluh peserta akan mendapatkan bimbingan dari 2 pembimbing lapangan yaitu Bapak Suwatno (Kasi Bank) dan Bapak Suroso Yunianto (Kasi Vera). Peserta PKL dibagi menjadi 5 kelompok dimana masing kelompok akan ditugaskan secara bergilir pada lima seksi yang ada pada KPPN Tegal mulai dari Subbagian Umum, Seksi Vera, Seksi MSKI, Seksi Pencairan Dana, hingga Seksi Bank. Dengan demikian, setiap peserta PKL minimal dapat memahami bidang tugas pada masing-masing seksi tersebut, sehingga dapat menjadi bekal saat bekerja pada instansi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Mahasiswa PKN STAN merupakan putra-putri terbaik bangsa yang sudah di tempa sesuai dengan spesialisasinya selama masa pendidikan, sehingga telah dipersiapkan untuk menjadi SDM yang andal dan siap untuk bekerja. Kelak mereka akan menjadi pionir-pionir utama keuangan negara yang berjiwa muda, berkualitas, berintegritas, dan  bersemangat untuk mencapai pengelolaan fiscal yang unggul.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search