Perluasan dan akselerasi Digipay pada satuan kerja Kejaksaan Negeri Gunungkidul

Wonosari, 16 November 2021

Dalam rangka Digitalisasi pengelolaan keuangan negara melalui pemanfaatan teknologi informasi dan Implementasi Virtual Account dan Kartu Kredit Pemerintah yang membuka kesempatan untuk berinovasi membangun ekosistem digital belanja negara, yang melibatkan satker, perbankan, dan vendor (UMKM) telah dikembangkan Digital Payment Marketplace guna mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor atau penyedia barang/jasa yang sebagian besar merupakan UMKM.

Untuk mengenalkan dan memperluas serta mengakselerasi implementasi Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace tersebut, Pada hari Senin tanggal 16 November 2021. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala KPPN Wonosari Bapak Ruswanto melakukan kunjungan dan audiensi dengan Ibu VA. Fransisca Mayasari Dewi selaku Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejaksaan Negeri Gunungkidul.

Dalam kunjungan tersebut Kepala KPPN Wonosari didampingi oleh Atik Purnomo selaku Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS) dan CSO KPPN Wonosari Gandung Wahyudi. Beberapa hal yang disampaikan terkait implementasi Digital Payment dan Marketplace antara lain :

  • Marketplace adalah sistem layanan pemesanan dan pengadaan barang/jasa secara elektronik dalam penggunaan Uang Persediaan.
  • Digipayatau Digital Payment adalah Pembayaran dengan mekanisme elektronik yaitu melalui Cash Management System dan KKP dari rekening Bendahara Pengeluaran secara elektronik ke Rekening Penyedia Barang/jasa.
  • Salah satu fokus dari Marketplace ini adalah pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemberdayaan UMKM ini diarahkan melalui digitalisasi UMKM.
  • Penggunaan Marketplace-Digipayakan memberikan kemudahan dalam proses pengadaan barang/jasa dengan tetap mengutamakan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara (khususnya UP).
  • Para vendor khususnya UMKM diharapkan memperoleh akses lebih banyak ke instansi pengelola APBN dalam penyediaan barang/jasa dengan kemudahan-kemudahan dalam proses pendaftaran. Saat ini baik rekening giro maupun rekening tabungan biasa, dapat digunakan untuk pendaftaran sebagai vendor di Marketplace.
  • Setiap satker diharapkan dapat mendorong vendor-vendor yang selama ini sudah menjadi langganan maupun vendor-vendor lainnya (khususnya UMUM) untuk menjadi pengguna Marketplace-Digipay.

Dengan masifnya implementasi Digipay diharapkan dapat mengoptimalkan transaksi non tunai (cashless) untuk mengurangi penggunaan uang tunai yang berasal dari Uang Persediaan/UP yang dikelola oleh satker di wilayah KPPN Wonosari dalam rangka peningkatan kualitas pengeloaan keuangan negara dan pemberdayaan UMKM.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search