BERITA

Sinergi Institusi Publik untuk Perekonomian Aceh

Banda Aceh, djpb.kemenkeu.go.id  - Berbagai stimulus dari pemerintah telah dilakukan untuk mendorong perekonomian Aceh. Melalui APBN, alokasi dana desa dan anggaran pembangunan infrastruktur menjadi sarana utama untuk terus mendorong perekonomian Aceh. Untuk mendorong usaha kecil, pemerintah juga telah meluncurkan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Hal tersebut terungkap dari penjelasan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Zaid Burhan Ibrahim dalam kegiatan seminar dengan tema "Peran Institusi Publik dalam Mendorong Perekonomian Aceh" yang diselenggarakan di aula utama Gedung Keuangan Negara Banda Aceh pada hari Selasa (22/10).

Add a comment
Selengkapnya...

KPPN Tanjung Pandan Menjadi Benchmark Kantor Layanan Modern di Belitung

Tanjung Pandan, djpb.kemenkeu.go.id,- KPPN Tanjung Pandan mendapat kunjungan kerja benchmarking dari Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie beserta perwakilan pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, yaitu dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belitung, Senin (7/1).

Add a comment
Selengkapnya...

Serahkan DIPA TA 2019, Sri Sultan HB X Harapkan Amanah dalam Kelola Keuangan Negara

Yogyakarta, djpbn.kemenkeu.go.id, - Bertempat di Bangsal Kepatihan Bangsal Kepatihan Danurejan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019 serta penghargaan kepada satuan kerja berkinerja terbaik dalam pelaksanaan anggaran TA 2018 di wilayah Provinsi DIY, Selasa (18/12). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Unsur FORKOMPIMDA, para Bupati/Walikota lingkup Provinsi DIY, Sekda DIY, Pimpinan Bank Indonesia DIY, Kepala Perwakilan OJK DIY, Para Kuasa Pengguna Anggaran, Para Kepala Biro, serta Kepala Badan dan Kepala Dinas di lingkungan Provinsi DIY.

Add a comment
Selengkapnya...

DIPA Amanah yang Harus Tepat Arah

Purwokerto, djpbn.kemenkeu.go.id, - Di tahun 2019, KPPN Purwokerto mendapat amanah untuk mengelola dana DIPA sebesar Rp2.041.526.886.000,00 untuk 71 satker di dua kabupaten. Banyumas 48 DIPA sejumlah Rp1.665.903.289.000,00, dan Purbalingga 23 DIPA sebesar Rp375.623.597.000,00. Penyerahan DIPA dilakukan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Irawati, didampingi Kepala KPPN Samin di Aula KPPN Purwokerto, Kamis (20/12).

Add a comment
Selengkapnya...

Terima DIPA 2019, Aceh Siap Wariskan MRT dan Bebas Banjir

Banda Aceh, djpbn.kemenkeu.go.id, - Dalam kegiatan serah terima dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Gubernur Aceh, Sabtu (15/12), Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Zaid Burhan Ibrahim berpesan kepada seluruh penerima dana APBN 2019 di Provinsi Aceh untuk menggunakan anggaran tersebut secara efektif, efisien, dan akuntabel. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh bersama unit vertikal Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) siap bersinergi menjadi mitra kerja yang akan mendukung pelaksanaan anggaran tahun 2019 menjadi lebih baik lagi.

Add a comment
Selengkapnya...

Kanwil DJPb DIY Wujudkan Laporan Keuangan Berkualitas dengan Tetap Implementasikan PUG

Yogyakarta, djpbn.kemenkeu.go.id, - Berawal dari komitmen yang tinggi untuk mewujudkan laporan keuangan yang berkualitas, dengan harapan laporan keuangan UAKBUN Daerah, UAKKBUN Wilayah dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018 memperoleh dengan opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) TA 2018 pada Kamis (22/11) dan Kegiatan Rapat Koordinasi Akuntansi pada Kamis (29/11) dengan narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan DJPb yaitu Kepala Seksi Bimbingan Akuntansi Regional dan BUN Nur Abdul Haris, Kepala Seksi Badan Lainnya, Transaksi Khusus dan BUN) Jackson Sunario Panjaitan, serta M. Masykur Mubarok dan Hazmi Muzakki.

Add a comment
Selengkapnya...

KPPN Tanjung Pandan Terima Penghargaan dari TVRI, Bukti Nyata Corporate Branding

Tanjung Pandan, djpbn.kemenkeu.go.id, - Sinergi  merupakan elemen yang sangat penting dalam suatu organisasi karena kerja sama adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam berorganisasi. Tidak terbatas pada sinergi internal yang tentunya harus baik, sinergi yang baik dengan pihak eksternal juga harus dibangun dalam sebuah entitas/organisasi. Menerapkan konsep kantor yang modern, KPPN Tanjung Pandan telah banyak melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak eksternal, salah satunya dengan Stasiun TVRI Bangka Belitung.

Add a comment
Selengkapnya...

Workshop Model Cluster, Inovasi Solusi Masalah Penyusunan Laporan Keuangan

Purwokerto, djpbn.kemenkeu.go.id, - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bersinergi dengan KPPN Purwokerto menggelar acara workshop akuntansi dan penyusunan laporan keuangan di ruang rapat KPPN Purwokerto (14-15/11). Acara ini diinisiasi oleh Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan utama membidik satker-satker tertentu di wilayah KPPN Purwokerto yang terkendala terkait akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Dengan workshop tersebut diharapkan satker bisa menganalisis dan menelaah sehingga proses pembuatan laporan keuangan berjalan lancar, sehingga pada gilirannya akan menyumbang opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangannya.

Add a comment
Selengkapnya...

Simulasi Damkar di KPPN Purwokerto, Upaya Menjaga Aset dan Optimalkan Layanan

Purwokerto, djpbn.kemenkeu.go.id, - Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. APAR pada umumnya berbentuk tabung yang diisi dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap Instansi pemerintah maupun swasta dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pegawai dan aset kantor.

Add a comment
Selengkapnya...

Sinergi Kanwil DJPb dan Pemprov Aceh untuk Kemakmuran

Aceh, djpbn.kemenkeu.go.id, - ”Kita perlu membuka baju kelembagaan kita. Kita perlu bersinergi, bekerja sama untuk kesejahteraan, kemajuan, dan kemakmuran Aceh yang kita cintai ini,” ungkap Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah melalui arahannya dalam Rakor Kanwil DJPb Provinsi Aceh dengan Forpimda Provinsi Aceh di ruang rapat Percepatan dan Pengendalian Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (P2K APBA), Senin (12/11).

Add a comment
Selengkapnya...

Dalami Hukum Keuangan Negara, Samakan Pandangan tentang Tipikor

Serang, djpbn.kemenkeu.go.id, - “Seminar ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang makin jelas tentang akuntabilitas pengelola keuangan negara dalam perspektif yang benar yaitu dalam persfektif Hukum Keuangan Negara dan penyelesaian tindak pidana korupsi,” demikian disampaikan Direktur Sistem Perbendaharaan Sudarso dalam kegiatan Seminar Hukum Keuangan Negara yang diselenggarakan Direktorat Sistem Perbendaharaan Rabu (31/10) di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten.

Add a comment
Selengkapnya...