PELAKSANAAN SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TAHUN 201

Pada tahun 2011, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Dit. APK) telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) pada instansi vertikal Kementerian negara/ lembaga (K/L) lingkup dua belas Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan. Acara ini merupakan agenda tahunan Dit. APK yang pada tahun ini secara khusus mengambil tema “Penguatan Peran Satker Menuju LKKL Dan LKPP Yang WTP Sesuai Dengan Standar Akuntansi Pemerintahan”.

Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari dan masing-masing sosialisasi diikuti oleh sekitar 80 peserta yang berasal dari UAPPA-W lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Adapun sasaran utama peserta sosialisasi adalah pegawai pengelola keuangan, pegawai akuntansi dan penyusun laporan keuangan.


Sosialisasi SAP 2011 dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2011 dan dibagi dalam empat gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 9-10 Maret 2011 di kota Pekanbaru, Yogyakarta, dan Palembang. Gelombang kedua dilaksanakan tanggal 10-11 Maret 2011 di kota Gorontalo dan tanggal 30-31 Maret 2011 di kota Bengkulu dan Palu. Gelombang ketiga dilaksanakan tanggal 5-6 April 2011 di Denpasar dan tanggal 6-7 April 2011 di Bandar Lampung dan Pangkal Pinang. Gelombang keempat dilaksanakan pada tanggal 13-14 April 2011 di kota Manado, Bandung dan Pontianak. Kepada peserta sosialisasi diberikan pretest dan posttest sebagai pengukur tingkat pemahaman dan penyerapan materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Kegiatan sosialisasi ini terselenggara berkat kerja sama antara Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Sekretariat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan 12 Kanwil DJPBN yaitu Kanwil DJPBN Provinsi Riau, Kanwil DJPBN Provinsi Sumatera Selatan, Kanwil DJPBN Provinsi DIY, Kanwil DJPBN Provinsi Gorontalo, Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu, Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Tengah, Kanwil DJPBN Provinsi Lampung, Kanwil DJPBN Provinsi Bangka Belitung, Kanwil DJPBN Provinsi Bali, Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Utara, Kanwil DJPBN Provinsi Jawa Barat dan Kanwil DJPBN Provinsi Kalimantan Barat.

Tujuan diadakannya sosialisasi SAP ini adalah:

  • Meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) mengenai SAP sehingga sosialisasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi pengelola keuangan mengenai SAP yang terutama yang terkait dengan akuntansi aset tetap dan akuntansi belanja serta memperkenalkan PP tentang SAP yang baru yaitu PP nomor 71 Tahun 2010,
  • Memasyarakatkan akuntansi pemerintahan di lingkup Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan,
  • Meningkatkan kinerja pembinaan satker di lingkup Kanwil DJPBN ,
  • Sebagai wadah diskusi antara pembina akuntansi dan satker hingga dapat memecahkan permasalahan-permasalahan terkait implementasi SAP dalam praktek akuntansi pemerintahan di lingkup kanwil masing-masing.

Pada hari pertama materi yang disampaikan adalah Gambaran Umum SAP, Akuntansi Persediaan dan Aset Tetap, dan Akuntansi Belanja dan LRA serta Diskusi Implementasi SAP. Sedangkan pada hari kedua materi difokuskan pada akuntansi akrual berupa Implementasi akuntansi akrual melalui penyajian informasi akrual pada LK dan Perbandingan SAP Kas Menuju Akrual pada PP 24 Tahun 2005 dengan SAP Akrual PP 71 Tahun 2010 Lampiran 1. Pemberian materi akuntansi akrual kepada para peserta merupakan langkah awal dalam persiapan implementasi akuntansi berbasis akrual di tahun 2015. Narasumber berasal dari kantor pusat Ditjen Perbendaharaan dan dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan. KilasPenyelenggaraan Sosialisasi Standar Akuntansi Pemerintahan gelombang I,II, III dan IV
Kanwil DJPBNProvinsi Riau
sap pekanbaruSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Riau diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret 2011 di Hotel Pangeran dan dibuka oleh Kepala Bagian Umum Kanwil DJPBN Provinsi Riau, Bapak Suwajianto. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Fitria Hayati, S.H dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Ali Akbar Khomaini dari KPPN Rengat, dan Suryoto Adi Prawira dari KPPN Pekanbaru.




Kanwil DJPBN Provinsi DIY
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi DIY, diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret 2011 di Hotel LPP Garden dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi DIY, Bapak Rudi Widodo. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Ratih Rahayuningtyas dari KPP Pratama Wonosari, Susilowati dari Kanwil DJPBN DIY, Ria Yuanita dari KPPN Wates, dan Matrika Yuni Puspitasari dari BPKH XI.



Kanwil DJPBN Provinsi Sumatera Selatan
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan pada tanggal 8-9 Maret 2011 di Hotel Sandjaja dan dibuka oleh Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Bapak Alboin Sitanggang. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Akhmad Faisal dari Kanwil Kemenag Sumatera Selatan, Muhammad Nasir dari Pengadilan Tinggi Militer 1-04 Palembang, Putriana Ekapratiwi dari BKSDA Sumatera Selatan, Shanty Indah Rahayu dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dan Slamet Suharto dari Balai Monitor PLB.


Kanwil DJPBN Provinsi Gorontalo
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Gorontalo diselenggarakan pada tanggal 10-11 Maret 2011 di Hotel New Rahmat dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Gorontalo, Ibu Yuniar Yanuar Rasyid. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Hari Wijayanto BP DAS Bone Bolango, Astrid KPP Gorontalo, Nanang Djafar Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, dan Husnul Wahid Helingo Kanwil DJPBN Gorontalo.



Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Tengah
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Tengah diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2011 di Swiss-bel Hotel dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Firmansyah N. Nazaroedin. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Aisyah dari BPKH Wilayah XVI Palu, Alam dari Dinas Perternakan dan Keswan Sulteng, Bagja Mukti Prawira dari BPKP Perw. Sulawesi Tengah, dan E. Sutrisna dari KPPN Palu.



Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2011 di Grage Horizon Hotel dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu, Bapak Kiswandoko. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Ratih Soraya dari PSBL Dharma Guna Bengkulu, Ponco Widodo dari KPPN Manna, Rusmiyati dari KPPN Bengkulu dan Meti Suryani dari Kantor Imigrasi Bengkulu.



Kanwil DJPBN Provinsi Bali
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Bali diselenggarakan pada tanggal 5-6 April 2011 di Hotel Grand Santhi, dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Bali Ibu Ni Luh Putu Kumalawati. Pada acara tersebut diberikan penghargaan





Kanwil DJPBN Provinsi Bangka Belitung
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Bangka Belitung diselenggarakan di Hotel Bumi Asih dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Bangka Belitung, Bapak Muhson. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu M. Arifin dari KPKNL Pangkal Pinang, Didik Priyono, dari Distamben Provinsi Bangka Belitung, Dwi Kurniasih dari Polda Bangka Belitung, Novira dari Kanwil Kementerian Agama dan Trahayu dari Kanwil DJPBN Bangka Belitung.



Kanwil DJPBN Provinsi Lampung
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Lampung diselenggarakan pada tanggal 6-7 April 2011 di Hotel Sheraton-Lampung dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Lampung Bapak Abdul Gofar. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Angga Diwaha dari BPK Perwakilan Bengkulu, Wardoyo dari KPPN Liwa, M. Iqbal dari KPPN Bandar Lampung dan Rosa Ariesa dari BPTP.



Kanwil DJPBN Provinsi Jawa Barat
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Jawa Barat diselenggarakan pada tanggal 13-14 April 2011 diselenggarakan di Hotel Aston Braga dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Jawa Barat, Bapak Seto Utarko. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Dede Ratih dari Balai K3 Bandung, Dwi Ayu A dari BPK RI, dan Reste Sianturi dari Kanwil DJPB Provinsi Jawa Barat.



Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Utara
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Utara diselenggarakan di Hotel Swiss-bel, dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Iskandar. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Hapsari Sulistyani PSBN Tumoutou, Yudo Paryono dan Khairudin Midaryanto dari Balai Pengelolaan DAS Tondano, serta Suyuti Nafik dari Kanwil DJPBN Sulawesi Utara.



Kanwil DJPBN Provinsi Kalimantan Barat
sapSosialisasi SAP pada instansi vertikal K/L lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Kalimantan Barat diselenggarakan di Hotel Grand Mahkota dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Teddy Rukmantara. Pada acara tersebut diberikan penghargaan untuk peserta sosialisasi terbaik yaitu Budiono dari RRI Pontianak, Abdul Hamid dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Salmah dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Bahrul Rozi dari Kantor SAR Pontianak.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search