ITRev Dukung Peningkatan Kualitas Kebijakan Publik lewat Riset

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Kualitas kebijakan publik yang baik akan mendorong terlaksananya kebijakan publik tersebut secara optimal. Dengan demikian, diharapkan hasil dari kebijakan publik tersebut juga dapat tepat sasaran, misalnya bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Untuk mendapatkan kualitas kebijakan publik yang baik, tentunya diperlukan pertimbangan yang mendalam, salah satunya dapat dilakukan melalui riset dan pengolahan data.

“Tema seminar ini sangat relevan dengan kebutuhan perumusan kebijakan berbasis data dan penelitian. Tujuannya adalah agar kebikakan yang diambil pemerintah didasarkan atas konsep yang teruji dan didukung bukt-bukti empiris,” jelas Dirjen Perbendaharaan Andin Hadiyanto dalam kegiatan Seminar Jurnal Indonesian Treasury Review (ITRev) di Aula Gedung B, Lantai 5, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Jakarta Selatan, Selasa (03/12).

Seminar nasional ITRev kali ini bersinergi dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dengan mengangkat tema "Research-based Policy: Peran Peneliti dan Hasil Penelitian terhadap Kualitas Kebijakan Publik”. Penyelenggaraannya sekaligus memanfaatkan momentum perolehan akreditasi nasional peringkat 2 (Sinta2) dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk ITRev.

“Pemerintah terus mendorong peningkatan penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan menuju inovasi yang berkelanjutan,” ungkap Dirjen Perbendaharaan.

Dalam seminar tahunan yang dihadiri oleh para pejabat/pegawai Kementerian Keuangan, akademisi, mahasiswa, widyaiswara, penulis paper, dan peneliti ini, Staf Ahli Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Suminto sebagai pembicara utama menyampaikan pentingnya research-based policy untuk menciptakan keputusan yang lebih tepat, hasil lebih baik melalui bukti dan riset terbaik. Pembicara berikutnya adalah Komisioner pada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo. Para penulis call for papers ITRev juga memaparkan paper masing-masing pada sesi terpisah. [IM/Kontributor Litbang Dit SP]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search