Kembali, PPID Tingkat I DJPb Raih Penghargaan Unit Paling Informatif

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan penghargaan kepada DJPb yang termasuk dalam empat PPID Tingkat I di Kementerian Keuangan dengan Kategori Informatif. “Prestasi ini diberikan karena memilik tidak hanya kreasi positif tetapi juga inovasi yang terus dikembangkan,” ungkap Sri Mulyani dalam acara Seminar Keterbukaan Informasi Publik secara daring, Selasa (3/8).

DJPb mengembangkan inovasi aplikasi e-PPID DJPb yang bertujuan mempercepat waktu penyelesaian permohonan informasi sehingga meraih penghargaan tersebut. Tiga unit lainnya yang meraih penghargaan adalah BPPK, Ditjen Bea dan Cukai, dan DJA. “Saya ucapkan selamat dan saya minta agar terus untuk ditingkatkan. Kita harus bertempur di ruang publik, menjaga agar informasi publik tidak terdistorsi atau menjadi disinformasi,” lanjut Sri Mulyani.

Menurutnya, keterbukaan informasi saat ini tidak lagi mencukupi. Institusi publik harus bekerja jauh lebih keras lagi untuk menjelaskan, mengedukasi, memberikan bukti, ilustrasi atau demonstrasi mengenai informasi publik.

“Institusi publik tidak sekedar terbuka informasinya. Karena pada akhirnya keterbukaan informasi tujuannya tidak hanya untuk akuntabilitas transparansi tetapi pada ujungnya adalah rakyat percaya apa yang dilakukan pemerintah telah sesuai dengan kepentingan publik, bukan kepentingan kelompok tertentu,” tegasnya.

Menkeu akan terus mendorong seluruh pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di lingkungan Kemenkeu untuk tidak terlena, sebab situasi saat ini tidak bisa membuat berpuas diri.

“Meskipun telah mendapatkan penghargaan karena pencapaian yang didapat, tantangan yang kita hadapi akan terus meningkat. Pada saat yang sama masyarakat juga terus digerojoki informasi tandingan dari berbagai sumber yang sering tidak akurat. Sehingga tentu kita membutuhkan kerja sama dari semua pihak dan media tentang apa yang disebut informasi publik di bidang keuangan negara,” pungkas Sri Mulyani.

Acara dilanjutkan dengan webinar bertema “Keterbukaan Informasi Program Vaksinasi Dukung Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi” dengan narasumber Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Purwanto, dan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr.Siti Nadia, serta moderator oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Rahayu Puspasari. (dr/tap)

 

  

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search