Langkah Awal Di Tahun Anggaran Baru

Liputan Penyerahan DIPA TA. 2010 Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali
Denpasar
, perbendaharaan.go.id, "Semoga keberhasilan percepatan penyelesaian dan penyerahan DIPA TA 2010 ini merupakan awal yang baik bagi pelaksanaan APBN 2010." Demikian petikan sambutan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ibu Ni Luh Putu Kumalawati, mengawali rangkaian acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Wiswa Sabha Kantor Gubernur Provinsi Bali, Kamis (7/1). Acara tersebut dihadiri oleh para Bupati, Setda, Muspida, serta Kepala Satuan Kerja lingkup Provinsi Bali.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika, menyerahkan DIPA tahun anggaran 2010 secara simbolis kepada 10 Satuan Kerja, sebagai tanda dimulainya pelaksanaan APBN 2010 di daerah Bali. Penyerahan DIPA di awal tahun dimaksudkan untuk menjamin bahwa proses pencairan dana atas DIPA Tahun Anggaran 2010 Satuan Kerja di daerah dapat dimulai pada awal tahun anggaran.

Satuan Kerja yang secara simbolis menerima DIPA dari Gubernur Bali diantaranya: POLDA Bali, Pangdam IX Udayana, Universitas Udayana, BPS, Kejaksaan Tinggi Bali, Pengadilan Tinggi Bali, RSU Sanglah, Sekolah Tinggi Pariwisata, LANAL BENOA, dan Kanwil Agama Provinsi Bali.

DIPA yang diserahkan berjumlah 396 (tiga ratus Sembilan puluh enam) buah, dengan jumlah pagu Rp. 4.899.120.894.000,- (empat triliun delapan ratus sembilan puluh sembilan milyar seratus dua puluh juta delapan ratus sembilan puluh empat ribu rupiah) meliputi :

  1. DIPA Kantor Pusat yang berlokasi di daerah dan Instansi vertikal kementerian/Lembaga di Daerah, berjumlah 255 DIPA dengan nilai Rp. 4.246.825.552.000,-
  2. DIPA Tugas Pembantuan untuk SKPD di Propinsi/Kabupaten/Kota jumlah 64 DIPA dengan nilai Rp. 72.237.895.000,-
  3. DIPA Dekonsentrasi untuk SKPD Propinsi berjumlah 64 DIPA dengan nilai Rp. 501.929.437.000,-
  4. DIPA Urusan Bersama untuk SKPD Kabupaten/Kota jumlah 13 DIPA dengan nilai Rp. 78.128.010.000,-

Penyerahan DIPA diseluruh Provinsi di Indonesia merupakan sebuah rangkaian kegiatan pelaksanaan APBN. Sebelumnya, Presiden menyerahkan DIPA kepada para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah sebagai kuasa anggaran, dan 33 gubernur sebagai pengelola keuangan daerah serta kepada Menkeu selaku bendahara umum negara di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Presiden mengharapkan adanya peningkatan sinergi pusat dan daerah dalam pelaksanaan anggaran serta dilakukan dengan lebih transparan, akuntable dan orientasi pada hasil lebih baik, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

Melalui penyerahan DIPA tahun anggaran 2010, seluruh komponen bangsa berharap rakyat dapat mengetahui secara terbuka bahwa anggaran dan program-program pembangunan tahun 2010 telah siap untuk dilaksanakan. Semua jajaran pemerintah saat ini dituntut untuk segera melaksanakan semua program pemerintah dan tidak menunda pelaksanaan anggaran.

Dalam sambutan terakhirnya Ibu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali mengucapkan terima kasih kepada Para Kepala Satuan Kerja atas segala upaya dalam bentuk kerja keras, disiplin dan kerjasamanya untuk melaksanakan ketentuan dan prosedur yang ditetapkan sehingga penyelesaian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2010 dapat selesai tepat pada waktunya, sehingga kita dapat segera memulai langkah pelaksanaan kegiatan yang telah diprogramkan dalam melaksanakan tugas Pemerintah dalam pelayanan publik dan pembangunan, dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi bali siap untuk bekerjasama dengan para Kuasa Pengguna Anggaran dalam menunjang kelancaran pelaksanaan DIPA Tahun Anggaran 2010.

Oleh: Novri Hendri dan I Gusti Bagus Sidikarya (Kontributor Denpasar)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search