Sosialisasi Tata Cara Penyajian Informasi Pendapatan Dan Belanja Secara Akrual

Kanwil IX Direktoral Jenderal Perbendaharaan Pangkalpinang

Pangkalpinang, perbendaharaan.go.id- Sehubungan dengan telah diterbitkannya Peraturan Dirjen Perbendaharaan nomor Per-62/PB/2009 tanggal 23 Desember 2009 tentang Tata Cara Penyajian Informasi Pendapatan dan Belanja Secara Akrual pada Laporan Keuangan, Kanwil IX Pangkalpinang telah mengadakan Sosialisasi Tata Cara Penyajian Informasi Pendapatan dan Belanja Secara Akrual pada Laporan Keuangan. Kepala Bagian Umum Kanwil IX , M. Mochtar Hari Adi menjelaskan, acara dihadiri 76 peserta (berasal dari 70 satuan kerja) selaku Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) dari 94 satuan kerja wilayah yang diundang. Peserta adalah petugas pengelola Sistim Akuntansi Instansi pada masing-masing satuan kerja.

Acara sosialisasi diadakan selama 2 hari mulai tanggal 13 s.d 14 Januari 2010 bertempat di Aula Kanwil IX Pangkalpinang, dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil IX Pangkalpinang, Alfiah. Dalam sambutan dan pengarahannya, beliau menyampaikan secara global tentang esensi dari Perdirjen 62/PB/2009. Kepada peserta sosialisasi beliau mengharapkan untuk dapat semaksimum mungkin menyerap informasi yang akan disampaikan nantinya oleh para narasumber, dimana hal ini sama sekali baru dan harus diimplementasikan dalam Laporan Keuangan 2009 sebagaimana yang diamanatkan oleh UU No. 17/2003 dan UU No. 1/2004. Pada UU No. 41/2008 tentang APBN tahun anggaran 2009 pasal 26 ayat 3 lebih ditekankan lagi bahwa LRA dilengkapi dengan informasi pendapatan dan belanja secara akrual. Kepada peserta sosialisasi beliau juga mengharapkan untuk menyampaikan informasi ini kepada satuan kerja selaku Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran yang berada diwilayahnya masing-masing dan kemudian untuk diimplementasikan dan diserahkan satu rangkap kepada KPPN sebagai mana yang diamanat oleh Surat Direktur APK No. 13/PB.6/2010 tanggal 6 Januari 2010.

-Materi Tata Cara Penyajian Informasi Pendapatan dan Belanja Secara Akrual pada Laporan Keuangan disampaikan oleh Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil IX Pangkalpinang, Heny Muriyantini (Bussinesse Process), beliau menyampaikan konsep dasar dari akrual dan jenis-jenis informasi akrual, yang terdiri dari informasi pendapatan akrual meliputi pendapatan diterima dimuka dan pendapatan yang masih harus diterima. Informasi belanja akrual meliputi belanja dibayar dimuka dan balanja yang masih harus dibayar. Beliau memberikan kiat-kiat bagaimana menganalisa suatu transaksi dapat dikategorikan kepada salah satu dari empat macam informasi akrual tersebut. Latihan dan contoh simulasi diberikan untuk lebih memantapkan pemahaman peserta sosialisasi. Implementasi Informasi Akrual pada Aplikasi SAI juga diberikan kepada peserta sosialisasi, yang dipandu oleh Kepala Seksi PDA, Esanov Putra didampingi satu orang staf Seksi PDA Zulkifli.

Pada acara ini juga disampaikan materi penyegaran tentang bagaimana membuat dan menyajikan laporan keuangan satuan kerja yang baik dan benar sebagaimana yang telah diatur dalam Perdirjen No. 51/PB/2008 tanggal 20 November 2008 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga. Materi ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pelaporan Keuangan. Khairul Amri dan Kepala Seksi BIMTEK dan Penyuluhan SAP, Said Fauzi. Beliau mengharapkan kepada satuan kerja untuk betul-betul memperhatikan tata cara penulisan dan isi laporan yang disampaikan dan sekaligus mengingatkan untuk tidak hanya melakukan "copy paste" dari contoh format laporan keuangan yang tercantum dalam lampiran perdirjen No.51/PB/2008, sebab pada tahun 2009 telah dilakukan evaluasi terhadap laporan keuangan satuan kerja wilayah, masih banyak ditemui hal-hal yang belum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Acara sosialisasi ditanggapi dengan antusias yang tinggi oleh peserta, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Namun demikian mayoritas peserta yang berasal dari Kepulauan Belitung tidak bisa hadir dikarenakan cuaca yang tidak baik sehingga transportasi yang akan mengantarkan mereka menghadiri sosialisasi (kapal laut) tidak bisa diberangkatkan.

Oleh : Esanov Putra - Kontributor Kanwil Pangkal Pinang.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search