Gelombang Selat Halmahera Tidak Menghentikan Langkah Kita

LIPUTAN PENYERAHAN DIPA 2010 PADA KANWIL XXVIII DJPB TERNATE
Ternate
, perbendaharaan.go.id - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penyerahan DIPA tahun ini (2010, red) dilangsungkan di desa Sofifi, Halmahera. Maklumlah, sejak 4 Januari lalu, Kantor Gubernur Maluku Utara beserta seluruh jajarannya telah pindah dan menempati gedung baru berlantai 4 yang cukup megah di desa tersebut.

Sejak pagi, ratusan Satker telah bersiap menuju desa Sofifi. Dengan menggunakan speedboat dan kapal ferry, perjalanan laut menuju Sofifi memakan waktu satu jam dari Ternate. Dengan mengambil tempat dilantai II Aula Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), seremoni penyerahan DIPA TA 2010 tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur, Ketua DPRD, Muspida Provinsi, para Bupati/Walikota, seluruh Kepala Kantor Instansi Vertikal dan para Kepala SKPD/Kepala Dinas Provinsi/Kab/Kota se Provinsi Malut.

Dalam laporannya, Kepala Kanwil XXVIII DJPB Ternate Hendro Baskoro menjelaskan bahwa DIPA yang akan diserahkan yakni sebanyak 310 DIPA dengan total pagu mencapai Rp.1,7 trilyun. DIPA tersebut terbagi menjadi 185 DIPA Kewenangan Daerah (KD) dengan jumlah dana sebesar Rp. 995,96 milyard 61 DIPA Dekonsentrasi (DK) senilai Rp. 272,75 milyard 15 DIPA Kantor Pusat (KP) dengan jumlah dana Rp. 381,61 milyard 47 DIPA Tugas Pembantuan (TP) dengan total mencapai Rp. 101,71 milyard dan 2 DIPA Urusan Bersama (UB) dengan jumlah pagu Rp. 5,10 milyar.

Masih dalam kesempatan yang sama, turut diberikan penghargaan kepada satker yang mampu menyelesaikan penelaahan DIPA TA 2010 dengan cepat. Urutan teratas ditempati oleh BPK Perwakilan Provinsi Malut. Berikutnya berturut-turut diraih oleh BKKBN Provinsi Malut dan Panti Sosial Bekas Pasca Lara Kronis " Wasana Bahagia " Ternate. Semua berharap, keberhasilan dalam percepatan penyelesaian penelaahan DIPA TA 2010 tersebut, dapat menjadi tonggak dalam menyongsong kesuksesan dan kelancaran penyaluran DIPA TA 2010.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Malut Thaib Armyn meminta kepada seluruh satker untuk secepatnya melaksanakan program kerja dan kegiatan serta menggunakan anggaran yang dikuasainya dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Maluku Utara.

Selesai memberikan sambutannya, Gubernur menyempatkan diri untuk melakukan penyerahan DIPA 2010 secara simbolis kepada 10 Satker. Selanjutnya, penyerahan DIPA kepada satker lainnya, dilakukan oleh pegawai Kanwil dengan dibantu pegawai dari BAPPEDA Provinsi Malut. Dan khusus untuk wilayah pembayaran KPPN Tobelo, penyerahan dilaksanakan di Tobelo dengan diisi acara Sosialisasi Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran atas beban APBN dan ekspose realisasi APBN TA 2009 kepada seluruh satker di wilayah pembayaran KPPN Tobelo. Kegiatan ini dilangsungkan sebagai tindak lanjut atas instruksi Dirjen Perbendaharaan dalam suratnya Nomor : S-8414/PB/2009 tanggal 28 Desember 2009.

Seluruh pihak berharap, penyerapan DIPA TA 2010 dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman seluruh satker terhadap seluruh ketentuan di bidang perbendaharaan dan senantiasa melakukan koordinasi dengan instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan agar pelaksanaan penyaluran DIPA berjalan dengan lancar. Mari bersama sukseskan agenda pemerintah TA 2010. Seperti keteguhan kita dalam menaklukkan gelombang selat Halmahera.

Laporan : Kontributor Kanwil XXVIII DJPB Ternate.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search