"Menyongsong Tahun Anggaran 2010 Dengan Keoptimisan"

Ternate, perbendaharaan.go.id - Dengan ditetapkannya pagu definitif Tahun Anggaran 2010 dan dalam rangka penyusunan rencana keuangan sesuai dengan POK Format Baru sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119/PMK.02/2009 tanggal 7 Juli 2009, maka Kantor Wilayah  XXVIII Direktorat Jenderal Perbendaharaan Ternate melangsungkan kegiatan penyusunan rencana kerja dan keuangan tahun anggaran 2010. Peserta kegiatan ini meliputi Kepala Kanwil XXVIII DJPBN Ternate, Kepala Bagian Umum, Para Kepala Bidang, satu Kepala Seksi yang ditunjuk pada masing-masing Bidang, Kasubbag Keuangan dan Kasubbag TU/RT serta Kepala Subbagian Umum pada KPPN Ternate dan KPPN Tobelo.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Desember 2009 ini, dibuka secara langsung oleh Kepala Kanwil XXVIII Ditjen Perbendaharaan Ternate, Bapak Hendro Baskoro. Dalam sambutannya, Beliau mengungkapkan tentang pentingnya penyusunan rencana kerja dan keuangan sebagai alat pedoman dan monitoring dalam pelaksanaan kegiatan/aktivitas, alat perencanaan kebutuhan dana (cash forecasting), dan sebagai sarana untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pelaksanaan anggaran. Oleh karena itu, informasi dari masing-masing penanggung jawab kegiatan mengenai rencana kerja dan alokasi dana yang diperlukan beserta time schedulenya.

Pada dasarnya, kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kanwil XXVIII Ditjen Perbendaharaan Ternate terbagi atas dua jenis kegiatan. Pertama, kegiatan dasar yang merupakan kegiatan yang terkait dengan operasional perkantoran dan belanja pegawai. Kedua, kegiatan penunjang yang terdiri dari kegiatan penunjang tupoksi dan penunjang non tupoksi.

Untuk kegiatan penunjang yang masuk dalam tupoksi Kanwil diantaranya terkait penelahaan DIPA TA 2011, pembinaan KPPN, sosialisasi/pembinaan kepada para stakeholders dan penyusunan LKPP Tingkat Kuasa BUN Kanwil. Sedangkan kegiatan penunjang non tupoksi yakni Gugus Kendali Mutu dan in house training yang bertujuan meningkatkan  kompetensi pegawai pada Kanwil XXVIII DJPBN Ternate.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan presentasi materi penyusunan perencanaan kas sesuai dengan POK Format Baru dan penyusunan rencana penarikan dana berdasarkan batas maksimum dana yang dapat dicairkan pada bulan berkenaan oleh Bagian Umum. Dalam presentasi tersebut, diminta agar para penanggung jawab kegiatan dalam penyusunan rencana kerja dan keuangan dilakukan secara terinci, baik rencana waktu maupun pelaksanaannya, rincian kebutuhan dana, sasaran kegiatan, output dan outcome dari kegiatan tersebut. 

Kemudian presentasi dilanjutkan dengan pemaparan para penanggung jawab kegiatan/Kepala Bidang mengenai rencana kerja dan keuangan tahun anggaran 2010. Kegiatan hari pertama ini ditutup dengan review oleh Kepala Kanwil XXVIII DJPBN Ternate mengenai usulan rencana kerja dan keuangan dari masing-masing penanggung jawab kegiatan.

Untuk hari kedua, kegiatan diisi dengan penajaman atas usulan pelaksanaan rencana kerja dan alokasi dana masing-masing Bidang dengan Bagian Umum. Rapat ini menghasilkan beberapa rencana kerja dan keuangan serta belanja operasional dan pegawai. Pertama, perlunya sosialisasi/pembinaan kepada satker/stakeholders sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Kedua, pembinaan ke KPPN Ternate dan Tobelo oleh Bidang PP dan Aklap, rapat koordinasi penyusunan LKPP Kuasa BUN. Keempat,  bimbingan teknis kepada UAPPA/B-W atau trouble shooting. Kelima, rekonsiliasi pagu dan sisa dana pada DIPA antar bidang dengan KPPN. Terakhir, pelaksanaan Gugus Kendali Mutu,  inhouse training dan penataan layout dalam rangka mewujudkan pusat layanan/service center, serta melangsungkan rapat koordinasi lingkup Kanwil XXVIII DJPBN Ternate sebagai wahana komunikasi dan evaluasi kinerja.

Tindak lanjut dari kegiatan yang telah ditetapkan yakni menuangkannya pada Halaman III DIPA dan POK Format  baru Kanwil XXVIII Ditjen Perbendaharaan Ternate. Dengan semangat learning by doing and learning is never ending process, Kanwil XXVIII DJPBN Ternate siap menatap dan melangkah di tahun 2010 dengan semangat baru dalam melaksanakan tugas pokok dan  fungsinya  di  bidang  perbendaharaan.

Laporan : M.Irfan Suryawardana (kontributor Kanwil XXVIII DJPBN Ternate)
 



 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search