Sekilas Dari Kanwil Propinsi Jawa Tengah: Upaya Peningkatan Kualitas LKPP Tahun 2009

Semarang, perbendaharaan.go.id. Menghadapi tutup tahun anggaran 2009 dan mempersiapkan penyusunan LKPP Tahun 2009, Bidang Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) Kanwil DJPB Propinsi Jawa Tengah melakukan kegiatan rekonsiliasi data internal, baik data pagu maupun data realisasi, antara 3 pihak yaitu bidang AKLAP, bidang PA (baik PA I maupun PA II), dan seluruh KPPN di wilayah kerja Kanwil Propinsi Jawa Tengah. Dengan dilakukannya rekonsiliasi ini diharapkan bisa diyakini validitas data sebagai bahan penyusunan LKPP yang tentunya turut berkontribusi terhadap kualitas LKPP secara keseluruhan.

Masih terkait dengan upaya peningkatan kualitas LKPP khususnya LKPP yang dihasilkan oleh satker, di mana pencatatan Barang Milik Negara (BMN) masih merupakan suatu kendala bagi satker, maka Bidang AKLAP berinisiatif untuk mengumpulkan seluruh Kasie Vera berikut satu orang stafnya dari 15 KPPN yang berada di wilayah kerja Kanwil DJPB Propinsi Jawa Tengah untuk diberikan pelatihan mengenai Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN). Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa Seksi Vera KPPN adalah merupakan tumpuan tempat bertanya bagi satker-satker di wilayah kerja KPPN.

simak semarangKedua kegiatan ini dikemas menjadi satu acara yaitu "Pelatihan SIMAK BMN dan Rekonsiliasi Data Internal Lingkup Kanwil Propinsi Jawa Tengah" yang diadakan di Hotel Metro Semarang selama tiga hari yaitu dari tanggal 15 sampai dengan 17 Desember 2009. Acara ini, yang dibuka secara resmi oleh Kakanwil DJPB Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum - Gardjito AS, diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari 15 orang Kasie Vera dan 15 orang pelaksana di Seksi Vera dari seluruh KPPN di wilayah kerja Jawa Tengah. Dalam laporan pembukaannya, Kabid AKLAP Kanwil Propinsi Jawa Tengah - R. Wiwin Istanti - selaku ketua panitia pelatihan menjelaskan bahwa acara ini dimaksudkan sebagai ajang bertukar pikiran terkait penyusunan LKPP tahun 2009, ajang bertukar ilmu terkait SIMAK BMN, maupun ajang diskusi untuk membahas langkah-langkah penyusunan LKPP tahun 2009 termasuk mencocokkan data pagu dan realisasi (antara bidang AKLAP, bidang PA dan KPPN). Dengan tercapainya kesamaan pemahaman antara KPPN dan Bidang AKLAP Kanwil tentunya akan mendukung terwujudnya LKPP yang berkualitas.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search