Nilai Sebuah Pengorbanan

Liputan Penyembelihan Hewan Kurban Lingkup Departemen Keuangan

Jakarta
, perbendaharaan.go.id - Syahdunya pekikan takbir mengiringi penyembelihan hewan kurban di Departemen Keuangan. Dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Dirjen Perbendaharaan Herry Purnomo, Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Mulya P. Nasution beserta seluruh jajaran Departemen Keuangan, acara tersebut berjalan dengan khidmat. Seluruh undangan yang menyaksikan, larut dalam acara sakral tersebut.

Untuk Idul Adha 1430 H ini, Departemen Keuangan berhasil mengumpulkan hewan kurban berupa enam ekor sapi dan Sembilan ekor kambing. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati, Dirjen Perbendaharaan Herry Purnomo, Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Mulya P. Nasution, keluarga besar Kementrerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, dan keluarga besar Ditjen Pajak masing-masing satu ekor sapi. Sisanya berasal dari pegawai di lingkungan Departemen Keuangan.

Seremoni penyembelihan hewan kurban tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengambil tempat di halaman belakang Ditjen Pengelolaan Utang. Seluruh daging kurban oleh panitia dibagikan kepada 1.300 penerima yang berasal dari warga sekitar dan internal Departemen Keuangan seperti Satpam dan Cleaning Service. Para penerima daging kurban nampak bahagia dengan pemberian tersebut. Mereka bersyukur atas kemurahan hati jajaran Departemen Keuangan yang rela menyisihkan penghasilannya untuk berkurban.

Semangat pengorbanan! Itulah yang ingin ditunjukkan oleh jajaran pimpinan di Departemen Keuangan. Tentunya semangat itu terinspirasi dari keikhlasan Ibrahim yang rela menyembelih Ismail atas perintah Illahi. Itulah peristiwa dalam sejarah islam yang paling dikenang bahkan disakralkan menjadi salah satu prosesi ibadah haji.

Dalam konteks reformasi birokrasi, pengorbanan juga dapat diidentikkan dengan semangat seluruh jajaran Departemen Keuangan untuk mengorbankan budaya-budaya birokrasi usang dan menggantinya dengan budaya baru yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Mengutip pernyataan Ibu Sri Mulyani Indrawati dalam buku Era Baru Kebijakan Fiskal bahwa "masa-masa honeymoon bagi PNS telah usai. Kini masyarakat menagih janji kita berupa komitmen pelayanan." Dan dengan semangat pengorbanan yang diajarkan lewat perayaan Idul Adha, hal tersebut bukanlah hal yang sulit untuk direalisasikan. Tentunya diiringi dengan meneguhkan komitmen seluruh jajaran Departemen Keuangan sebagai pure public servant.


Oleh : Fajar Sidik (Pelaksana Bagian OTL).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search