Menjadi Terakhir Itu Tidak Selalu Buruk

Deklarasi Penerapan SOP KPPN Percontohan pada KPPN Banjarnegara
Banjarnegara, perbendaharaan.go.id - Mengambil waktu di batas akhir, bukan berarti kurangnya komitmen terhadap reformasi birokrasi. Justru pengambilan waktu seperti ini, menandakan bahwa gerbong untuk terjadinya pungli maupun pelayanan yang tidak optimal, telah tertutup dan digantikan era baru yang transparan, pelayanan cepat, dan tentunya bebas biaya. Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh seluruh jajaran KPPN Banjarnegara.

Tepat diakhir Nopember, KPPN Banjarnegara melakukan deklarasi penerapan SOP Percontohan. Dengan deklarasi ini, KPPN Banjarnegara telah mengubah lay out ruangan kantornya. Jika kita masuk melalui pintu utama, maka kesan yang kita muncul adalah pelayanan prima yang siap diberikan oleh segenap petugas di front office.

Kepala KPPN Banjarnegara, Bpk. Istu Wahudi mengemukakan bahwa tampilan fisik yang menggambarkan profesionalitas ini diharapkan mampu mendorong seluruh jajaran KPPN Banjarnegara untuk bersikap secara profesional dalam melayani seluruh mitra kerjanya secara cepat, tepat, akuntabel, transparan dan tentunya bebas pungutan. Lebih lanjut, beliau juga meminta kepada seluruh mitra kerja KPPN, untuk membantu mewujudkan cita-cita tersebut dengan tidak memberi atau menawarkan gratifikasi dalam bentuk apapun.

Dalam acara tersebut, hadir wakil Bupati Banjarnegara, Soehardjo, beserta seluruh jajaran pejabat dari kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis oleh Kepala KPPN Banjarnegara dengan perwakilan dari satker dalam hal ini diwakili oleh Kapolres dan Kandepag dari Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Sebagai wujud kesungguhan seluruh jajaran KPPN Banjarnegara untuk memberikan pelayanan prima, dalam acara tersebut juga sempat dibacakan Pakta Integritas yang disaksiakan oleh pegawai dan mitra kerja KPPN Banjarnegara. Harapannya, akan ada internalisasi nilai yang akan berdampak pada kerjasama yang semakin solid antara KPPN dengan mitra kerjanya dalam mewujudkan good governance.

Acara diakhiri dengan pemaparan oleh kepala KPPN mengenai prosedur pencairan SP2D dan segala perubahan maupun perbaikan yang dilakukan terkait dengan penerapan SOP KPPN Percontohan di KPPN Banjarnegara. Selamat berbenah diri.

Oleh : Kontributor KPPN Banjarnegara

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search