Bukti Reformasi Birokrasi Bukan Sekedar Ueforia Semu

Liputan Deklarasi Penerapan SOP Percontohan
Cilacap
, perbendaharaan.go.id - Reformasi birokrasi bukanlah sekedar euforia semu yang tidak memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat. Reformasi birokrasi justru mengajak seluruh pihak, dalam hal ini pemerintah, untuk memberikan kualitas layanan terbaiknya kepada masyarakat.

Bertempat di halaman KPPN Cilacap, acara deklarasi yang dilangsungkan pada 18 Nopember ini, dihadiri oleh perwakilan Pemda Kabupaten Cilacap yaitu Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah, pimpinan Bank mitra kerja, Gapensi, PWI Cilacap dan Kuasa Pengguna Anggaran beserta Bendahara Pengeluaran Satuan Kerja dalam wilayah pembayaran KPPN Cilacap.
Dalam sambutannya, Bapak Gardjito selaku Kabag Umum yang saat itu mewakili Kepala Kanwil DJPBN Propinsi Jawa Tengah menegaskan bahwa seluruh KPPN di wilayahnya, harus sudah menerapkan SOP Percontohan paling lambat tanggal 30 Nopember 2009. Beliau kembali menegaskan agar pelayanan terhadap mitra kerja KPPN, dapat dilakukan secara transparan, cepat, akurat, serta bebas dari pungutan apapun.

Sementara itu, Bapak Drs. Sudiharto yang mewakili pemda Kabupaten Cilacap mengatakan bahwa keberadaan KPPN Cilacap sangat vital dalam pencairan dana APBN. Karenanya, pemda sangat menyambut baik launching penerapan SOP Percontohan di KPPN Cilacap. Beliau berharap, dengan penerapan SOP baru ini, akan semakin meningkatkan pelayanan KPPN Cilacap terhadap seluruh satker dan mitra kerjanya. Selain itu, beliau turut mendukung ditandatanganinya Pakta Integritas antara Satuan Kerja dengan internal KPPN Cilacap dalam komitmennya memberantas gratifikasi guna mewujudkan good governance.

Diakhir acara, Bapak S. Supriyanto selaku kepala KPPN Cilacapmemaparkan hal terkait alur penyelesaian SP2D Non Belanja Pegawai yang hanya membutuhkan waktu 1 jam, termasuk menginformasikan langkah-langkah dalam menghadapi akhir tahun Anggaran 2009.

Sebagai penutup acara, ditanda tangani Nota Kesepakatan secara simbolis antara Kepala KPPN Cilacap dengan Kuasa Pengguna Anggaran yang diwakili kepala Kejaksaan Negeri Cilacap dan Kepala Kantor PPSC, serta penandatanganan Pakta Integritas antara Kepala KPPN dengan pegawai KPPN secara simbolis diwakili oleh Kasubag Umum dan Kasi pada KPPN Cilacap.

Oleh: Kontributor KPPN Cilacap

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search