Gaung Reformasi Birokrasi Dari Purworejo

Deklarasi Penerapan SOP Percontohan


Purworejo, perbendaharaan.go.id - Reformasi birokrasi Departemen Keuangan dan khususnya Ditjen Perbendaharaan tidak hanya terhenti pada KPPN Percontohan yang umumnya ada di ibukota Provinsi. Gaung reformasi itupun terdengar menggema di Purworejo dan seluruh Kabupaten/kota lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jawa Tengah.
Sebagai ujung tombak pelaksanaan reformasi birokrasi, KPPN Purworejo bertekad untuk meningkatkan pelayanannya. Salah satu langkah yang diambil diantaranya dengan menerapkan SOP Percontohan yang terbukti mampu memberikan layanan secara transparan, cepat, dan bebas biaya. Bahkan komitmen tersebut telah dibuktikan oleh KPPN Purworejo dengan terlebih dahulu melakukan uji coba sejak bulan Mei 2008.

Meneguhkan tekad tersebut, hari Senin tanggal 30 Nopember 2009 yang lalu, KPPN Purworejo mendeklarasikan Penerapan SOP KPPN Percontohan. Deklarasi yang dilaksanakan di halaman gedung KPPN Purworejo tersebut, turut dihadiri oleh Bapak Achmad Fauzi selaku Sekda Kabupaten Purworejo, Bapak Gardjito sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Jajaran Muspida Kabupaten Purworejo, Para Pimpinan Bank/Kepala Kantor Pos di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kebumen, dan seluruh mitra kerja KPPN Purworejo.

Dalam sambutannya, Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa layanan publik sudah semestinya menjadi perhatian utama seluruh elemen pemerintah. Tujuannya yakni agar pelayanan kepada masyarakat semakin berkualitas. Oleh karena itu, lanjutnya, perlu diterapkan asas-asas pelayanan yang benar diantaranya keseimbangan antara hak dan kewajiban, profesionalisme, transparansi atau keterbukaan, akuntabilitas, ketepatan waktu, serta kecepatan dan kemudahan. Untuk itulah beliau sangat mengapresiasi terhadap semangat perubahan yang dibawa oleh KPPN Purworejo, dan meminta kepada seluruh pihak untuk ikut mendukungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Gardjito mewakili Bapak Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, berpesan kepada seluruh mitra kerja KPPN Purworejo untuk tidak memberikan gratifikasi kepada pegawai KPPN. Beliau menegaskan bahwa seluruh layanan di KPPN saat ini, telah bebas pungutan biaya apapun. Bahkan beliau berjanji akan menindak tegas seluruh pegawai KPPN Purworejo yang melanggar komitmen tersebut.

Sementara itu, Kepala KPPN Purworejo Bapak Agung Yulianta berkesempatan menyampaikan alur proses pencairan dana APBN. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa sebelum deklarasi dilakukan, telah dilakukan survey kepuasan stakeholder dengan mengedarkan kuesioner kepada seluruh mitra kerja KPPN Purworejo. Hasil kuisioner menunjukkan stakeholder memberikan penilaian pelayanan KPPN Purworejo cukup memuaskan, sedangkan janji layanan untuk penyelesaian SP2D dalam waktu 1 (satu) jam, dari bulan ke bulan selalu mengalami peningkatan bahkan pada 3 (tiga) bulan terakhir yaitu September s/d November 2009 prosentase penerbitan SP2D yang diselesaikan kurang dari 1 (satu) jam mencapai 100%.

Mengawal komitmen pelayanan tersebut, sebelum pelaksanaan deklarasi telah dilakukan penandatanganan "TEKAD BERSAMA" seluruh Pejabat dan Pegawai KPPN Purworejo pada tanggal 17 Nopember 2009. Pada intinya, deklarasi tersebut untuk mengokohkan komitmen jajaran KPPN Purworejo untuk memberikan layanan secara disiplin, transparan, tidak diskriminatif, dan bebas gratifikasi.

Akhir acara, dilakukan penandatanganan "PAKTA INTEGRITAS" antara Kepala KPPN Purworejo, Bapak Agung Yulianta, dengan seluruh Kuasa Pengguna Anggaran mitra kerja KPPN Purworejo yang secara simbolis diwakili oleh Kepala Kejaksanaan Negeri Purworejo, Bapak Erwin Desman.

Oleh : Kontributor KPPN Purworejo

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search