Prestasi Sebagai Motivasi

Laporan Keuangan UAPPA-W Terbaik Se-Provinsi Gorontalo

Jakarta, Perbendaharaan.go.id,- "ini prestasi untuk dijadikan motivasi." Itulah sepenggal pernyataan Wakil Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin ketika menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah terbaik Penyusun Laporan Keuangan tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran-Wilayah (UAPPA-W) Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Semester I TA 2009 se-Provinsi Gorontalo. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil XXVI Ditjen Perbendaharaan Gorontalo Drs. Agus Nugroho.

Selain itum, Indra Yasin juga mengatakan bahwa penghargaan ini membuktikan bahwa Pemda Kabupaten Gorontalo telah melaksanakan Pengelolaan Keuangan Negara khususnya Dana Tugas Pembantuan secara transparan dan akuntabel (Gorontalo Post, 18 November 2009).

Untuk diketahui bahwa penghargaan tersebut dinilai berdasarkan kriteria beban kerja, kualitas laporan keuangan, penyampaian LK koordinator, ketepatan waktu, dan letak geografis. Berdasarkan hal tersebut, akhirnya Tim Penilai Kanwil XXVI Ditjen Perbendaharaan Gorontalo, menetapkan Kabupaten Gorontalo Utara sebagai yang terbaik.

Penyampaian penghargaan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Rapat Koordinasi Akuntansi dan Pelaporan yang diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gorontalo pada tanggal 17 November 2009 yang lalu. Dengan dihadiri 250 peserta yang terdiri dari berbagai unsur pimpinan daerah, acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Bahkan acara tersebut turut diliput oleh stasiun TV pemerintah yakni TVRI. Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi pihak penyelenggara.

Rakor yang dilaksanakan di aula KPPN Percontohan Gorontalo ini dibuka langsung oleh Bapak Drs. Agus Nugroho sebagai Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gorontalo. Mengambil tema "Meningkatkan Kualitas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2009 Melalui Penyusunan Laporan Keuangan yang Akurat dan Tepat Waktu," rakor ini diharapkan dapat mengevaluasi dan mampu mewujudkan laporan keuangan yang berkualitas dan tepat waktu.

" Dibutuhkan komitmen dan kerjasama yang baik dari seluruh satker pengelola APBN, baik instansi vertikal maupun pengelola dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan, agar dihasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan tepat waktu," demikian sambutan yang disampaikan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gorontalo.

Dalam rakor ini juga disampaikan materi Evaluasi Penyampaian Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Instansi Vertikal dan UAPPA-W DK/TP Semester I TA 2009 serta Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah yang Berkualitas dan Tepat Waktu yang disampaikan oleh Bapak Edward U.P Nainggolan,Ak,M.Ak, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan. Selain itu, beliau juga menyampaikan materi penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W.

Pelaksanaan evaluasi dan pemberian penghargaan tersebut, diharapkan dapat memotivasi seluruh UAPPA-W di Provinsi Gorontalo untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan tepat waktu. Hal ini nantinya diharapkan dapat berdampak secara signifikan dalam meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Oleh : Yovi Candra/ Antonius Budi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search