From Russia To Bali: Kunjungan Delegasi The Federal Treasury Of Rusia Di Kanwil Ditjen Perbendaharaan ProVInsi Bali

Denpasar, perbendaharaan.go.id - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Denpasar, Selasa (29/10) menerima kunjungan delegasi The Federal Treasury of Rusia di Gedung Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Denpasar. Dalam kunjungan tersebut, lima orang Delegasi yang dipimpin Alexey Popov, selaku Deputy Head of The Federal Treasury Rusia, didampingi oleh Direktur Transformasi Perbendaharaan, Paruli Lubis, dan beberapa Pejabat Eselon III di lingkungan Direktorat Transformasi Perbendaharaan diterima langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ni Luh Putu Kumalawati.

Sebagai pengiring kedatangan para delegasi, beberapa pegawai Kanwil DJPBN Denpasar memainkan musik gamelan Bali. Kemudian acara penyambutan tamu dilanjutkan dengan pagelaran Tari Pendet sebagai "Ucapan Selamat Datang". Tarian yang sempat menuai kontroversi antara Indonesia dengan Malaysia tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari para delegasi yang datang ke Kanwil Denpasar.

rusiaKunjungan delegasi The Federal Treasury of Rusia di Indonesia merupakan kunjungan balasan dari kunjungan rombongan Ditjen Perbendaharaan di Rusia beberapa bulan yang lalu. Studi banding kedua organisasi Treasury (Perbendaharaan, red) antar negara tersebut dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai proses dan sistem terbaru dalam pengelolaan Keuangan Negara di Negara masing-masing.

Rangkaian acara penerimaan kunjungan delegasi Rusia tersebut dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pemaparan materi dalam bahasa Inggris oleh Ibu Ni Luh Putu Kumalawati. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengenai Struktur Organisasi dan Tata Kerja Ditjen Perbendaharaan, khususnya tugas pokok dan fungsi Kanwil sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan. Selain itu Ibu Putu juga menjelaskan lebih lanjut mengenai proses bisnis pencairan dana yang dilakukan oleh KPPN.

Forum diskusi yang digelar setelah acara pembukaan, sebagian besar digunakan untuk membicarakan mengenai proses bisnis pencairan dana, sampai kepada hal yang bersifat teknis, seperti jenis-jenis dokumen apa saja yang digunakan. Pada kesempatan tersebut, diperlihatkan kepada para delegasi Rusia salah satu contoh dokumen DIPA.

Tidak hanya sebatas tatanan teori, secara praktis para delegasi mengunjungi KPPN Percontohan Denpasar yang berjarak tidak terlalu jauh dari Gedung Kanwil. Para delegasi menyempatkan diri untuk mengamati secara langsung proses bisnis pencairan dana yang dilakukan KPPN Percontohan Denpasar. Kepala KPPN Percontohan Denpasar, Tonny Kris Murjito, beserta jajaran pejabat Eselon IV turut menyambut sekaligus mendampingi kedatangan para delegasi.

Ruang Pelayanan KPPN Percontohan Denpasar yang pada saat kunjungan sedang sibuk dengan kegiatan pelayanan kepada satuan kerja, menjadi perhatian utama bagi para delegasi Rusia. Bahkan mereka sempat mengabadikan kegiatan-kegiatan pelayanan dengan kamera saku. Di ruang arsip aktif, para delegasi diperlihatkan contoh dokumen-dokumen yang terkait langsung dengan pencairan dana, seperti Surat perintah Membayar (SPM) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

rusiaMeskipun keberadaan orang asing bukan merupakan suatu hal yang aneh di Pulau Bali, namun demikian, kehadiran orang asing di lingkungan KPPN cukup menjadi perhatian khusus bagi para pegawai, termasuk para tamu (satuan kerja, red) yang sedang datang di KPPN Percontohan Denpasar.

Kunjungan singkat delegasi The Federal Treasury of Rusia, diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata yang secara simbolik dilakukan oleh Deputy Head of The Federal Treasury, Alexey Popov dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ni Luh Putu Kumalawati. Diharapkan, kunjungan tersebut, dapat menjadi media pertukaran informasi yang melahirkan inspirasi dan inovasi dalam rangka perubahan dan penyempurnaan system pengelolaan keuangan di kedua Negara.


Kontributor Denpasar : Novri Hendri (novri.hendri[at]gmail.com)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search