"Ramadhan Sebagai Bulan Kepedulian"

Jakarta, perbendaharaan.go.id - Kepedulian! Itulah yang ingin ditunjukkan oleh pengurus Masjid Amanah dan segenap pimpinan Ditjen Perbendaharaan.  Bertempat di Masjid Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan (DJPBN), Al-Amanah, sebanyak 180 orang pegawai honorer yang bekerja sebagai cleaning service hingga satuan pengamanan (satpam), diberikan santunan Hari Raya. Wajah-wajah lelah para pegawai honorer yang bekerja membantu pekerjaan PNS kantor pusat tersebut, nampak sumringah. Bukan hanya itu, mereka pun kelihatan terharu dengan perhatian yang diberikan kepada mereka. Hal ini diakui oleh Andy yang sehari-hari bekerja sebagai Cleaning Service pada Sekretariat DJPBN. Menurutnya, santunan tersebut semakin memacu semangat kerja dirinya dan teman-teman sejawatnya untuk terus memberikan yang terbaik bagi DJPBN.


Santunan yang diberikan setelah berlangsungnya Shalat Jum&rsquoat (11/9) tersebut, diberikan langsung oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, K.A. Badaruddin. Santunan tersebut berupa uang tunai senilai Rp. 100.000,- dan bingkisan senilai Rp. 60.000,-


Menurut Wakil Ketua Panitia Semarak Ramadhan DJPBN, Waluyo, kegiatan pemberian santunan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan untuk menyemarakkan Ramadhan 1430 H di Kantor Pusat DJPBN. &rdquoRamadhan adalah bulan penuh kasih, karenanya, pemberian santunan ini merupakan bentuk kasih sayang  lembaga kepada sesama pegawai, dalam hal ini pegawai honorer yang selalu setia membantu kerja seluruh staf Kantor Pusat DJPBN,&rdquo ucapnya.


Selanjutnya, acara tersebut dilanjutkan dengan buka puasa  bersama yang dihadiri sekitar 300 orang pegawai dan non-pegawai. Menjelang berbuka, acara diisi terlebih dahulu dengan siraman rohani oleh penceramah yang mengajak seluruh peserta buka bersama untuk memanfaatkan sisa ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi, pada sepuluh hari malam terakhir ini terdapat malam yang sangat istimewa yakni lailatul qadar.


Kegiatan pemberian santunan maupun buka puasa bersama, merupakan kegiatan lanjutan dari serangkaian acara Semarak Ramadhan 1430 H. Sebelumnya, telah sukses dihelat bazaar ramadhan, ta&rsquojil ramadhan, kajian rutin yang dilaksanakan setiap ba&rsquoda dzuhur, hingga acara bedah buku.


Khusus untuk bedah buku, ditampilkan sebuah karya dari pegawai Departemen Keuangan yang menulis buku berjudul Negarawan Qura&rsquoni. Dalam pemaparannya, Dedhi Suharto selaku penulis buku  menjelaskan bahwa menjadi PNS adalah pekerjaan yang mulia apabila seluruh pekerjaan yang dilaksanakan dengan etika-etika keislaman dan didasari pada niat untuk meraih ridho Illahi. Hal ini, menurutnya, akan membentuk setiap PNS menjadi abdi Negara yang jujur dan profesional. Karenanya, penulis mengajak peserta bedah buku yang mayoritas PNS Depkeu untuk bersama-sama memanfaatkan kesempatan mengabdi ini dengan sebaik-baiknya.


Oleh : Panitia Ramadhan Masjid Amanah (Iqbal, Arif Setiawan, Arif Sudibyo, Agni, Fajar, Widi)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search