Monitoring Layanan KPPN Denpasar Dimana Dan Kapan Saja

Satu lagi langkah konkrit dalam mewujudkan Visi dan janji layanan Prima KPPN yaitu Transparan dan gratis, maka KPPN Denpasar telah meluncurkan website WWW.balimaknews.net yang berisikan informasi produk layanan KPPN Denpasar meliputi Pengajuan SPM/Penerbitan SP2D, Pengelolaan SKPP, Pelaksanaan Rekonsiliasi dan penyerapan pagu dana APBN pada wilayah kerja KPPN Denpasar.

A. Latar Belakang


Berbekal pengalaman kerja KPPN Khusus Banda Aceh yang lebih dulu memberikan ide transparansi melalui website dan berhasil baik, maka KPPN Denpasar mengikuti jejak baik tersebut seperti iklan softdrink tempoe doeloe, monitoring layanan KPPN Denpasar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dibelahan dunia ini dengan mengakses WWW.balimaknews.net . Paling tidak satuan Kerja diwilayah kerja KPPN Denpasar dapat segera mendapatkan informasi secara dini dari website, sehingga ketika bertatap muka dengan petugas front office KPPN Denpasar, layanan yang didapati lebih cepat dan pasti. Bukan saja satuan kerja namun mitra kerja KPPN lainnya pun dapat memanfaatkan website ini, bahkan Kantor Wilayah XX DJPB secara akurat dapat menggunakan informasi penyerapan pagu realisasi per satuan kerja, sehingga ketika satuan kerja mengajukan revisi DIPA maka akan dapat dikontrol secara real time besarnya realisasi, pada gilirannya tidak akan dijumpai revisi yang mengakibatkan pagu minus. Bank mitra kerja satuan kerjapun dapat menggunakan informasi penyerapan pagu, ketika hendak meyakini dalam memberikan jaminan bank kepada pihak ketiga atas pekerjaan yang bersumber dari APBN. Keunggulan teknologi informasi yang begitu menakjubkan dan ajaib dapat mewujudkan mimpi organisasi menjadi kenyataan. WWW.balimaknews.net adalah wujud dari mimpi transparansi KPPN Denpasar.


B. Menghimpun Perangkat Pikir Piranti Lunak dan Perangkat Keras


Ibarat pepatah Tak ada rotan akarpun jadi. Itulah sebuah potret proses pembangunan balimaknews.net. Berawal dari munculnya sebuah pertanyaan. Mungkinkah membangun website tanpa dana ?. Tak perlu mencari jawabnya kecuali segera mengerjakan, apa yang dapat dikerjakan. Ponco adalah pegawai hasil assessment yang ditugasi di KPPN Denpasar dapat menjabarkan kebijakan-kebijakan pimpinan, dengan membangun aplikasi sederhana dalam memproses monitoring penyelesaian SKPP secara otomatis langsung melalui front office tanpa melalui jalur surat konvensional yang berbelit, maka waktu proses dapat dipercepat karena memangkas alur dokumen. Dampaknya adalah tersedianya data base penyelesaian SKPP yang siap dipublikasikan. Giliran berikutnya mas Ponco bak serum-virus yang sulit dihentikan, selanjutnya mengembangkan percepatan proses rekonsiliasi. Lagi-lagi dengan program sederhana mas Ponco dapat mengautomatisasi penyelesaian penerbitan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR), dapat ditebak hasilnya adalah percepatan layanan rekonsiliasi dan tersedianya data base rekon yang siap dipublikasikan. Tanpa disadari mas Ponco telah berhasil meletakkan fondasi basis data SKPP, dan BAR berdampingan dengan basis data SP2D dan GPP(Gaji Pegawai Pusat) di KPPN Denpasar.
Tokoh lain tiba-tiba muncul, adalah Fajrialshah seorang pegawai KPPN Banda Aceh jebolan Prodip III STAN yang sedang mengikuti tugas belajar S1 di Unbraw Malang. Mengisi liburan semester berkunjung ke KPPN Denpasar. bang Fajri sanggup dan mampu menuangkan ide-ide monitoring kedalam script php untuk menampilkan halaman web. Berawal dari simply web yang hanya dapat diakses melalui LAN (Local Area Network) menjadi WWW.balimaknews.net seperti sekarang ini. Sisi SDM yang membanggakan adalah bang Fajri dan mas Ponco adalah dua orang pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang tak pernah kenal sebelumnya namun dapat dan sanggup bersinergi mewujudkan salah satu visi organisasi yaitu transparansi melalui website balimaknews.net. Subhanallah&hellip !
Sementara itu balimanews.net dioperasikan dengan mengoptimalkan sebuah PC Pentium 4 , kecepatan 3,4 GHz, dan ram 512 MB dapat menghasilkan kecepatan akses yang cukup. Problem awalnya adalah jaringan internet. Menyamai KPPN Khusus Banda Aceh dalam hal segi pendanaan dalam membangun jaringan adalah hal yang tak mungkin, karena KPPN Denpasar beroperasi dengan pagu rupiah murni yang terbatas. Namun tawaran jasa telekomunikasi dipasaran yang begitu kompetitif, makin hari makin dapat dijangkau oleh konsumen, serta ide-ide yang kreatif melalui maillinglist dan dunia bloger kendala biaya dapat disiasati. Demikian juga jaringan yang menyangga balimaknews.net adalah jaringan produk PT TELKOM dengan harga terjangkau yang terintegrasi pada penggunaan pulsa telpon biasa. Sehingga siapapun bisa melakukan dengan hal yang sama.


C. Fitur www.balimaknews.net


Balimaknews.net merupakan website yang menampilkan halaman dinamis. Namun beberapa halaman beberapa halaman ada yang disajikan secara statis. Secara garis besar dapat disampaikan sebagai berikut :
1. HOME, adalah tampilan yang menayangkan halaman statis dan dinamis yaitu

&bull WELCOME, tampilan statis tentang pengantar WWW. balimaknews.Net

&bull RINGKASAN KPPN, tampilan dinamis secara real time menayangkan angka-angka realisasi perbelanja pada wilayah kerja KPPN Denpasar.

&bull BERITA SP2D, tampilan real time tentang proses penyelesaian 10 (sepuluh) SP2D terakhir yang diteima oleh KPPN Denpasar, dan dapat pula dipantau informasi rinci dan tahapan proses penyelesaian.
2. PROFILE KPPN Denpasar merupakan tampilan halaman statis tentang potret diri Organisasi KPPN Denpasar saat ini berisikan bab Pendahuluan, Gambaran umum, Tugas pokok dan fungsi, Sumber Daya Manusia, Pengguna Pelayanan, Sarana dan Prasarana, Kinerja dan Pelayanan, Inovasi dan peningkatan Pelayanan, serta Sertifikasi yang telah diperoleh KPPN Denpasar.

3. DATA DAN PELAPORAN merupakan produk unggulan dari website WWW.balimaknews.Net yang memuat halaman secara real time menayangkan proses produksi KPPN Denpasar yaitu sebagai berikut:

&bull DAFTAR PENYELESAIAN SP2D adalah fitur yang dapat dijelajahi sampai rinci uraian SP2D. Fitur ini dapat memberikan berbagai informasi kepada satker, atau penerima dana tentang Pengajuan SPM sudah menjadi SP2D, pada tahapan penerimaan di front office, konsep SP2D, Cetak Net SP2D sampai dengan pengiriman SP2D kepada BO I.
&bull DAFTAR PENYELESAIAN SKPP adalah fasilitas bagi para satuan kerja atau pegawai yang dimutasi dapat memonitor asal satuan kerja , tempat tugas baru, dan status SKPP.

&bull DAFTAR PENYELESAIAN BERITA ACARA REKONSILIASI merupakan fasilitas yang dapat dipakai untuk mengetahui satuan kerja dalam melakukan rekonsiliasi pembuatan LKPP tiap bulan

&bull DAFTAR PAGU DAN REALISASI ANGGARAN PER DEPARTEMEN/LEMBAGA NON DEPARTEMEN merupakan tayangan monitoring penyerapan pagu DIPA sampai dengan per satker dan dapat diketahui sampai transaksi per SP2D

D. Peluang dan Harapan


Website tentang kiprah KPPN Denpasar ini, dibuat dengan mengusung pesan perubahan yang sedang dialami oleh organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam Naungan Departemen Keuangan yang sedang menggenjot Lokomotif Reformasi Birokrasi. Perubahan dalam skala kecil pada kontek ini adalah menuju transparansi yang didikung oleh kemajuan teknologi dalam rangka menegakkan citra KPPN sebagai intansi pelayan publik.
Keunggulan Teknologi Informasi bukan apa-apa tanpa campur tangan manusia-manusia terampil, mau bekerja, dan yang peduli terhadap tugas pokok organisasi. Ponco dan Fajri adalah contoh kecil dari sekian banyak tenaga yang mewakili tenaga muda Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia yang belum tergali. Semangat Ponco dan Fajri patut diteladani untuk berkarya walaupun kecil wujudnya, namun begitu besar manfaatnya bagi organisasi.
Hayo, siapa ikut ?, jangan malu-malu bergabung dikereta Reformasi Birokrasi yang sedang meluncur ke Stasiun Good Governance, bayarnya murah. Bukan dengan rupiah, cukup dengan Komitmen.

Oleh: MARYONO.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search