PereSMIan Gedung Dan Penerapan SOP Percontohan KPPN Metro

Acara Peresmian Gedung hasil Rehabilitasi Berat dan Penerapan SOP Percontohan KPPN Metro hari Kamis, 22 Januari 2009 diawali dengan Laporan Kepala KPPN Metro, Bapak Agus Achmadi tentang Pelaksanaan Rehabilitasi Gedung dan Ucapan Terima Kasih kepada Walikota Metro dan Bupati Kabupaten Lampung Tengah yang berkenan memberi Ijin Guna Pakai Mess Nuwo Intan selama rehab berlangsung. Pada kesempatan yang sama disampaikan pula upaya KPPN Metro dalam mempersiapkan Penerapan  SOP Percontohan sampai dengan Pemberian Ijin dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Provinsi Lampung.

Ada 6 (enam) harapan dari Satuan Kerja yang diwakili oleh Pembantu Ketua II  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro, Bapak Dr. Edi Kusnaedi, M.Pd yakni, SOP yang sebenarnya merupakan turunan dari Standard Pelayanan Minimal (SPM) dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga layanan menjadi: Sederhana, Prosedur tidak berbelit Kejelasan menyangkut Teknis Administrasi Kepastian Waktu Cepat dan Tepat Keadilan, tidak membedakan Satker, Golongan Ramah Nyaman.

penjelasan alur spm menjadi sp2d oleh Ka. KPPN MetroKepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung, Bapak Her Basuki Soebari dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa SOP Percontohan merupakan bagian dari komitmen Ditjen Perbendaharaan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan penyederhanaan bisnis proses, pemanfaatan teknologi informasi, penataan organisasi dan yang paling utama adalah perubahan pola pikir para pegawai yang memberikan pelayanan,

KPPN Metro yang selama ini menyelesaikan Surat Perntah Pencairan Dana (SP2D) Belanja Non Pegawai atas Surat perintah Membayar (SPM) yang diterbitkan oleh Satuan Kerja dalam waktu 1 (satu) hari, setelah menerapkan SOP Percontohan cukup dalam waktu 1 (satu) jam sejak Surat Perintah Membayar (SPM) diterima secara lengkap dan memenuhi syarat, dengan demikian harapan yang disampaikan wakil satker dapat terpenuhi dengan penerapan SOP percontohan.

Walikota Metro, Bapak Lukman Hakim menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPPN Metro dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung semoga dengan penerapan SOP Percontohan dapat memberikan pencerahan kepada kita semua dalam memberikan pelayanan lebih baik di bidang Administrasi Keuangan dan program lain. Diharapkan Jajaran Pemda, Mitra Kerja dan Perbankan dapat mendukung dan memanfaatkan sistem ini dengan bekerjasama dan berkoordinasi sebaik-baiknya, melalui kebersamaan dan kekompakan sebuah program dapat memperbaiki kondisi keraguan  apa ini bisa, apa ini mungkin dilakukan. Atas penerapan SOP Percontohan mudah-mudahan kita akan mampu menjadi contoh yang terbaik di wilayah Lampung yang sama-sama kita cintai. Mudah-mudahan dengan kinerja kita bersama khususnya KPPN Metro semakin baik menjalin kemitraan dengan satuan kerja.

Setelah Penandatanganan  Prasasti Hasil Rehabilitasi Gedung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung dan Pengguntingan Pita tanda dimulainya Penerapan SOP Percontohan KPPN Metro, acara dilanjutkan dengan penjelasan alur dokumen SPM menjadi SP2D pada Front Office, Middle Office dan Back Office oleh Kepala KPPN Metro

Jam 11.00 WIB Acara diakhiri dengan makan siang bersama.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search